nhk

MotoGP 2015 Misano (Jelang FP3/Q2): Marquez Dibekali Swingarm Baru, Mulai Mikir 2016

ManiakMotor – Jorge Lorenzo memang bintang di hari pertama GP San Marino. Tapi, daya gedor Marc Marquez tak bisa diabaikan. Hanya ia yang bisa dampingi JL bermain di bawah 1 menit 33 detik pada latihan hari pertama dan lanjut hari kedua Sabtu 12 September 2015.

Kata Marquez, ia  masih  kesulitan di FP 1 maupun 2 karena grip ban sangat berbeda dengan data tes yang dilalkoni Juli lalu. Doski pakai setingan saat tes itu di FP1 dan tampil tercepat. Pada FP2, RC213V-nya meluncur dengan swingarm baru dan menembus waktu 1:32. Tapi ternyata JL bisa lebih kencang 0,053 detik di akhir sesi dan catatan JL inilah yang sementara jadi rekor baru. Dibilang sementara lantaran sangat mungkin  dipertajam pada sesi Q2 hari ini.

Puas tak puas ya si MM harus puas dengan hasil itu. “Kondisi trek sangat berubah dibandingkan saat tes privat. Grip berubah drastis. Tapi, secara keseluruhan hasilnya positif. Saya sudah punya data untuk dikembangkan,” ucap MM.

Soal swingarm alias lengan ayun barunya, jurdun yang bakal sulit bertahan itu menyebut hanya untuk dites. Lengan ini  guna pengembangan motor 2016. Betul, MM dan Honda memang sudah kudu mikir spek 2016 sebagaimana rival Yamaha yang sudah ngetes M1 spek 2016 minggu lalu di Aragon.

Meski membawanya lebih kencang di FP2, MM memastikan tidak lagi menggunakan swingarm tersebut di sesi kualifikasi maupun raceday. Ada sisi baiknya, tapi menurutnya lebih banyak aspek negatifnya. Sebagai produk baru, itu swingarm harus dikembangkan lagi sebelum dijadikan produk standar untuk 2016. “Kami sudah kumpulkan banyak data untuk pengembangan lebih lanjut,” ucap MM yang bersiap jadi penghibur di sela-sela persaingan panas Lorenzo menghadapi Valentino Rossi.

Ia bidik kemenangan di Misano, tak hanya untuk memghibur tim dan fansnya, tapi juga demi gengsi pribadi. Di kandang Rossi itu MM belum pernah menang di MotoGP. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Moto2, Moto3 Misano, San Marino 11 – 13 September 2015

MotoGP 2015 Misano Jelang FP3/Q2: Rossi Tetap Tenang, Kemungkinan Coba Wing Aerodinamika

MotoGP 2015 Misano (Jelang FP3/Q2): Lorenzo Makin Pede, Aerodinamika Winglet Belum Signifikan

MotoGP 2015 Misano FP2: M1 Rossi/Lorenzo Pakai Fairing Aerodinamika Baru, Lorenzo Tercepat

MotoGP 2016 (Kalender Semusim): Indianapolis Hilang, Austria Masuk, Indonesia dan Thailand Harus Tunggu

BAGIKAN