nhk

MotoGP 2015 Misano Jelang FP3/Q2: Rossi Tetap Tenang, Kemungkinan Coba Wing Aerodinamika

 

 

 

 

ManiakMotor – Seperti biasa Valentino Rossi dari sesi ke sesi terus membaik, walau bukan yang terbaik untuk sementara ini. Di sirkuit Misano, San Marino pada FP1 dan FP2 dari akumulasi dia hanya ke-5. Tapi itu sudah dianggapnya membaik karena ada peningkatan dari FP1 ke FP2. Sabtu 12 September 2015 untuk FP3, FP4 sampai Q2 keadaan akan dipebaiki dan coba kinerja aerodimika fairing (winglet) pada M1-nya. Di sisi lain sekalian juga menyapa penonton.

Rossi mulanya dengan M1-nya hanya berlari 1’36.456, bisa memperbaikinya menjadi 1’34.086 di akhir sesi FP1 dan membuatnya keenam. Di FP2 dia kelima dengan membungkus catatan 1’33.469,  masih selisih 0.598 detik dengan rekan setimnya di Movistar Yamaha si Jorge Lorenzo. “Misano selalu khusus. Coba perhatikan di hari pertama saja sudah banyak penonton yang datang. Ini baik buat MotoGP,” jelas Rossi yang sembari keluar paddock dapat sambutan yang riuh rendah dari penonton yang sebagian besar menggunakan kostum kuning bertuliskan VR46.

Lho Rossi malah bicara soal penonton? Itu tandanya dia tetap tenang dan santai mengintip M1 Jorge Lorenzo macam angin di Misano di hari pertama. Dan dia menghargai dulu para penonton yang jadi urat kehidupan industri balap motor bro. Nggak ada penonton, nggak ada juga sponsor. Sponsor masuk ke promotor dan tim, karena ada pasang mata di sirkuit, internet dan tv. Nggak ada sponsor, promotor gulung tikar. Nggak ada Rossi, MotoGP keriiiing, hehe.

Rossi mengaku cukup menderita pada sesi pagi atau FP1 di sirkuit yang hanya 10 km dari rumahnya tersebut. Rossi terus melacak set-up M1 agar enak ditekuk-tekuk di Misano. Katanya sih di FP2 ada beberapa acuan set-up yang berhasil membawanya sampai ke-5. “Ada langkah maju pada  sesi sore. Tapi itu masih perlu ditingkatkan Sabtu ini. Belum 100 persen dan motor belum maksimal  dikebut,” alasan Rossi soal set-upnya. Belum maksimal karena setahap demi setahap dilacak komposisi setelannya.

The Doctor juga akan coba peranti winglet yang katanya sudah digunakannya di test Aragon. Rossi mengakui epeknya kecil, namun cukup membantu. Tidak diceritakan membantu dalam hal apa? Tapi dari elmu kira-kira soal aerodimika ketika motor melaju, hehe. “Ada kemungkinan peranti ini akan dicoba di FP3,” tambah Rossi. 

Kalau oke pasti dipakai terus. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Moto2, Moto3 Misano, San Marino 11 – 13 September 2015

MotoGP 2015 Misano (Jelang FP3/Q2): Lorenzo Makin Pede, Aerodinamika Winglet Belum Signifikan

MotoGP 2015 Misano FP2: M1 Rossi/Lorenzo Pakai Fairing Aerodinamika Baru, Lorenzo Tercepat

MotoGP 2016 (Kalender Semusim): Indianapolis Hilang, Austria Masuk, Indonesia dan Thailand Harus Tunggu

MotoGP 2015 Misano San Marino FP1: Marquez Tercepat, Lorenzo Ke-2, Rossi Hanya Ke-6

 

BAGIKAN