nhk

MotoGP 2015 Misano (Jelang Race): Dianggap Halangi Lorenzo di Q2, Rossi Dipenalti

ManiakMotor – Biasanya Valentino Rossi cenderung dibela Race Direction dalam sebuah insiden. Setidaknya begitulah anggapan Marc Marquez yang merasa jadi korban kecerdikan atau tipu-tipu The Doctor. Tidak demikian halnya kala Rossi berhadapan dengan Jorge Lorenzo. Ia kena hukuman.

Ada insiden kecil di sesi Q2 pada Sabtu 12 September di sirkuit Misano, San Marino, saat lap terakhir dan detik terakhir kualifikasi laju JL sempat terhalang. Di layar kaca memang kurang jelas sengaja dihalangi atau tidak. Masak sih seorang The Doctor nggak tahu aturan. Praktis JL harus berkelit untuk menghindari benturan. Doski pun menggagal pengambilan waktu lap tersebut dengan gerakan geleng kepala.

Usai itu Race Direction alias pimpinan lomba langsung rapat. Itu memang insiden kecil tapi bisa besar jika saat itu JL tak meredam lajunya. Hasil rapat, Rossi dinyatakan bersalah dan dihajar penalti 1 poin. Ia dianggap terlalu pelan di area racing line sedangkan sesi Q2 masih berjalan. Sementara ada pembalap lain yang tengah melakukan perburuan waktu alias timing. Ini kali pertama The Doctor kena penalti sejak hukuman itu diberlakukan. Akumulasi poin dalam semusim bisa menyebabkan seorang rider didiskualifikasi, dengan batas sampai 10 poin.

Rossi dengan sportif akui kesalahannya dan segera minta maaf kepada sejawatnya di Movistar Yamaha itu. Ia akui melihat JL di belakang dan berusaha menghindar, namun ternyata tetap saja Jl merasa terhalangi. Untungnya JL tetap pole position dari catatan waktu sebelumnya. Coba kalau nggak, wah rame tuh! Makin rame kalau Rossi yang tercepat. “Saya senang ia tetap pole sitter. Sebenarnya tak ada yang berubah, namun saya tetap saja minta maaf,” ucap Il Dottore.

JL pun menanggapi soal itu dengan santai. Kan tetap pole position. Pasti lain cerita kalau ‘kelakuan’ Rossi itu membuatnya gagal start front row. “Sebelumnya memang saya lebih cepat. Tapi, setelah melihat ulang kejadian itu, saya sebenarnya lebih lambat kisaran 0,1 detik di sektor sebelumnya. Jika diteruskan mungkin sedikit bertambah atau setidaknya sama dengan waktu sebelumnya, sayangnya ada Vale di sana. Ia sudah minta maaf, ya sudah,” komentar JL.

Sekarang coba sampeyan pikir, apa iya sekelas The Doctor tidak paham regulasi macam itu? Atau ini memang sedikit permainan Rossi untuk ganggu konsentrasi lawan? Maklum Bro, persaingan poin memang lagi panas-panasnya. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Misano (Jelang Race): Rossi Merasa Kecil, Berada di Antara Hiu

Hasil MotoGP Moto2, Moto3 Misano, San Marino 11 – 13 September 2015

 MotoGP 2015 Misano (Q2): Lorenzo Pole Position, Rossi Front Row

MotoGP 2015 Misano FP4: Lorenzo Makin Laju, M1 Rossi Pakai Winglet

MotoGP 2015 Misano FP3: Lorenzo Tercepat, Rossi Ketiga

MotoGP 2015 Misano (Jelang FP3/Q2): Pedrosa Bantah Hengkang ke KTM Musim 2017

BAGIKAN