nhk

MotoGP 2015 Misano (Pasca Race): Lorenzo Nafsuan Lupa Ban Belum Panas, Protes Aturan

ManiakMotor – Berbeda dengan Valentino Rossii yang timnya ragu-ragu menyuruhnya masuk pit untuk ganti ban slick. Pasukan Jorge Lorenzo justru di lap 17 sudah memerintahkan dari papan pit untuk masuk ganti ban slick. Tapi Lorenzo keras kepala. Dia masih menunggu tindakan Rossi. Dia baru masuk pada lap 20 lebih lambat 3 lap dari aba-aba. Sekadar tahu saja yang podium mereka yang di lap 18 ke bawah sudah ganti slick.

Itu cerita di ronde 13 MotoGP 2015 di sirkuit Misano, San Marino pada Ahad 13 September dengan kondisi balap dari kering, lalu basah dan kering lagi. Saat kering lagi dan harus pakai slick lagi itu, nafsu Lorenzo kurang terkontrol. Setelah ganti ban slick ternya dia masih keempat dan diingatannya saat masuk pit Rossi sebagai musuhnya masih memimpin. Dia lupa ban masih dingin, tapi sudah buka throttle belum selap usai pakai slick.

Tahu deweklah ban belum panas dengan alamiah untuk bersenyawa dengan aspal, mudah terpeleset.  “Saya tidak memiliki kecepatan untuk menghangatkan ban dengan baik. Saya terjebak di racing line yang masih dingin dengan slicks. Ya sudah, ban belakang hilang pegangan,” jelas Lorenzo pada proses doski terjatuh keras dan membuatnya kehilangan poin.

Belakangan Lorenzo memprotes panitia alias Dorna sebagai penyelenggara MotoGP dan FIM yang mematenkan aturan ganti ban dan motor. Katanya, sangat berbahaya peserta dipaksa menggunakan ban slick saat lintasan masih dingin dan sedikit basah. “Saya kurang mengerti,  apakah model aturan seperti ini karena tuntutan televisi  atau apa?” nafsu Lorenzo yang membuatnya tertinggal 23 angka dari Rossi karena ngak finish.

Dulu memang kalau hujan mendadak turun, lomba dihentikan dan restart lagi menggunakan ban basah. Dihentikan lagi dan ganti ban kering kalau keadaan mengering. “Ah pokoknya di Silverstone dan Misano  sangat buruk buat saya. Di dua sirkuit ini suhunya abnormal,” omoel JL.

Tenang bro, makanya jangan nafsuan. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

Hasil MotoGP Moto2, Moto3 Misano, San Marino 11 – 13 September 2015

MotoGP 2015 Misano Pasca Race: Rossi Di Antara Senang, Malu Dan Balapan Edan

MotoGP 2015 Misano (Race): Hujan-Kering Tegang, Marquez Juara, Lorenzo Jatuh, Klasemen Rossi Kokoh

MotoGP 2015 Misano (Warm Up): Marquez Tercepat, Lorenzo Menyusul, Rossi Ke-6

BAGIKAN