nhk

MotoGP 2015 Misano Pasca Race: Rossi Di Antara Senang, Malu Dan Balapan Edan

ManiakMotor – Bila kering terus sejak start kans Valentino Rossi besar karena sudah dekat-dekatan dengan Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Setelah enam lap dan ganti motor dengan wet tire peluangnya pun kian melambung, lantaran dia yang memimpin lomba dan makin menjauh. Tapi alam berkata lain yang disebut Rossi balap edan alias gila dan memalukan soal strateginya. Tapi senang karena saingan terdekatnya Jorge Lorenzo jatuh nggak dapat point.

Sirkuit Misano di San Marino memang dari kering, lalu basah dan kering lagi pada race Minggu 13 September 2015. Dari basah ke kering ini, Rossi kalah strategi karena sedang memimpin. Dia tak tahu yang terjadi di belakangnya pada masuk pit ganti ban slick yang dituntut aspal Misano saat mengering kembali. Cilakanya para krunya yang seharusnya tahu situasi kurang berani memerintah Rossi masuk pit ganti motor yang dipasangi kompon slick. 

Maklum, Rossi loh, pasukannya memercayakan pada dirinya untuk bertindak. “Memang benar bahwa klaseman jauh lebih penting, itu target utama. Jorge jatuh dan saya kelima  mendapatkan lain 11-poin. Ini bagus makin menjauh di klasemen dengan Jorge. Tapi sebaliknya juga  cukup memalukan kehilangan podium di depan fans,” jelas Rossi yang paling terakhir mengganti ban slick saat sirkuit mengering kembali dan membuatnya tertanam di posisi lima.

Beda cerita bila Rossi masuk pit untuk ganti slick seperti dilakukan Marc Marquez dengan diam-diam di lap 18. Disebut diam-diam karena Marquez ganti ban tanpa pengetahuan Rossi dan Lorenzo yang di depannya, hehe. Rossi sendiri baru lap 21 masuk pit ganti ban slick dari 28 lap. Itu sudah sangat terlambat, lantaran yang menggunakan slick duluan sudah jauh lebih cepat setiap lapnya. “Balapan edan yang  harus ganti motor dua kali dalam satu lomba. Kalau sudah begitu, penentunya tinggal keberuntungan dan feeling yang cepat memahami situasi,” jelas Rossi yang tetap disambut pasukan kuning yang menguning di Misano.

Kelima tetap disyukuri ketimbang nggak dapat sama sekali seperti Lorenzo teman setimnya dan musuh bebuyutannya yang disesi latihan sampai Q2 sangat kencang. Rossi menambah poinya jadi 247 sehingga beda dari Lorenzo 23 angka dan dari Marquez  63. Selanjutnya katanya ke Aragon kembali memperbaiki keadaan, kendati di sana Marquez dan Lorenzo juga kuat.

Begitulah balapan. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

Hasil MotoGP Moto2, Moto3 Misano, San Marino 11 – 13 September 2015

MotoGP 2015 Misano (Race): Hujan-Kering Tegang, Marquez Juara, Lorenzo Jatuh, Klasemen Rossi Kokoh

MotoGP 2015 Misano (Warm Up): Marquez Tercepat, Lorenzo Menyusul, Rossi Ke-6

MotoGP 2015 Misano (Jelang Race): Pirro Permalukan Joki Pabrikan Ducati

BAGIKAN