nhk

MotoGP 2015 Misano (Pasca Race): Sirkuit Penuh, Lonceng Gereja Tak Bunyi di Tavuilla

ManiakMotor – Brosist sekalian, penduduk tetap San Marino itu hanya 32.000 orang lho. Minggu (13/9) jumlah pendatangnya hampir tiga kali lebih besar dari jumlah penduduk tersebut. Semuanya demi Valentino ‘The Doctor’ Rossi.

Ya, jumlah penonton dan undangan GP San marino di Misano memang membludak. Jatah jualan tiket sebanyak 92.000 lembar ludes sejak jauh hari. Mayoritas penonton adalah gerombolan berbendera kuning. Bukan kuning untuk pemakaman, bukan pula kuning yang main politik,  apalagi kuning yang itu tuhhhh… tapi kuning yang warna kebesaran sang dewa MotoGP, Valentino Rossi.

Bisa dibayangkanlah seputar sirkuit disesaki fans VR46 yang datang dari berbagai penjuru Italia. Mereka menyemangati Rossi sekaligus coba melemahkan mental Jorge Lorenzo yang menjadi rival sang idola. Mereka menyoraki Lorenzo tanpa peduli apakah Mas Lorenzo itu bisa dengar atau tidak.

Kampung Rossi di Tavuilla, 12 km dari Sirkuit Misano, sangat lengang. Sebagianke Misano,sebagian lagi nonton bareng sembari bersiap-siap membunyikan lonceng gereja pada Minggu petang. Ya, tradisi di Tavuilla memang begitu, lonceng gereja berdentang tatkala Rossi menang balapan. Itu sudah berlangsung sejak dulu dan terakhir dibunyikan untuk Rossi pada GP Silverstone lalu.

Sayang,kali ini Rossi hanya finish ke-5 tapijustru makin kuat di klasemen lantaran JL jatuh dan DNF. Yang paling happy dengan membludaknya penonton adalah Luca Colaiacovo, pemilik sirkuit Misano. Pendapatannya dari penjualan tiket melonjak karena tahun lalu hanya bisa menghadirkan 88.665 penonton. “Terima kasih buat fans. Ini berkat prestasi para pembalap Italia secara keseluruhan,” ucapnya  seakan nggak enak kalau bilang semuanya gara-gara Rossi.

Tapi, di sisi lain Luca dan jajarannya juga puyeng. Pasalnya, masih sangat banyak penonton yang hadir  untuk beli tiket yang sudah habis. Pakai ngotot pula macam gaya di negeri sampeyan hehehe. Akhirnya, pihak sirkuit pun menyediakan beberapa big screen untuk nobar di luar sirkuit. “Kami tak mau menjual tiket melebihi kapasitas sirkuit. Penonton yang tidak kebagian tiket diakomodasi dengan nonton bareng di luar,” tambah Luca.

Ia juga yang memberikan podium kehormatan buat Rossi. Dari atas panggung,The Doctor pun menyapa penggemarnya, lautan kuning di semua penjuru. Kendati si The Doctor ndak podium. Horas bah!  Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

Hasil MotoGP Moto2, Moto3 Misano, San Marino 11 – 13 September 2015

MotoGP 2015 Misano (Pasca Race): Lorenzo Nafsuan Lupa Ban Belum Panas, Protes Aturan

MotoGP 2015 Misano Pasca Race: Rossi Di Antara Senang, Malu Dan Balapan Edan

MotoGP 2015 Misano (Race): Hujan-Kering Tegang, Marquez Juara, Lorenzo Jatuh, Klasemen Rossi Kokoh

 

BAGIKAN