nhk

MotoGP 2015 Misano (Pasca Race): Strategi Marquez Tepat Sasaran Di Lap 18

ManiakMotor – Tanpa beban memang enak menentukan strategi di saat lomba sedang krodit. Macam yang dilakukan Marc Marquez dari Honda di race ronde 13 MotoGP 2015 di sirkuit Misano, San Marino pada Ahad 13 September.  Marquez dengan tepat masuk pit membuat ban pas dengan kondisi lintasan Misano.

Perhatikan sebelum masuk pit pertama dari ban kering ke basah, Marquez memang menunggu t Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Ketika Lorenzo masuk diikuti Rossi, Marquez pun ikutan. “Tapi yang menentukan penggantian motor pakai ban kering kedua kalinya,” jelas Marquez yang masuk pit kedua kalinya secara diam-diam lantaran Rossi dan Lorenzo tanpa melihatnya, hehe. Ya iyalah, karena Marquez posisi ketiga saat itu.

Boleh dianalisa soal ketepatan yang kedua kali Marquez mengganti ban sekalian motornya. Saat itu perbedaan pengguna ban slick dan basah sampai 14 detik per lap. Kencang yang slick bro saat lomba sudah bermain 17 lap ke-atas. Marquez ganti ban atau masuk pit di lap 18. Saat itu yang tetap yang memimpin adalah Valentino Rossi dan kedua Jorge Lorenzo. Dua joki Yamaha itu sudah mpot-mpotan mengontrol ban slick mereka yang mulai rusak lantaran dimakan suhu aspal yang  mengering.  

Saat keluar atau pit out usai ganti ban  Marquez berada di posisi ke-4. Dan semua yang di depannya macam Dani Pedrosa, Lorenzo dan Rossi kenyataannya juga masuk ganti ban slick, tapi beberapa lap kemudian alias sudah terlambat. Nah yang kemudian itu jadi keuntungan Marquez yang catatan waktunya saban lap beda 14 detik tadi dengan Rossi dan Lorenzo.  

Menurut  Marquez bukan dia yang memutuskan untuk ganti ban  kedua kali, tetapi timnya. Dia mendapat perintah untuk masuk. “Makanya saya sangat berterima kasih pada mereka.  Dan satu hal yang mendorong saya segera ganti ban slick, karena melihat ban Jorge dan Valentino yang banyak tgerdegradasi,” tutup Marquez yang kini sudah menang di Misano dan tinggal Motegi dan Philip Island yang belum dijuarainya dalam karirnya sejak di MotoGP. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

Hasil MotoGP Moto2, Moto3 Misano, San Marino 11 – 13 September 2015

MotoGP 2015 Misano (Pasca Race): Sirkuit Penuh, Lonceng Gereja Tak Bunyi di Tavuilla

MotoGP 2015 Misano (Pasca Race): Lorenzo Nafsuan Lupa Ban Belum Panas, Protes Aturan

MotoGP 2015 Misano Pasca Race: Rossi Di Antara Senang, Malu Dan Balapan Edan

BAGIKAN