nhk

MotoGP 2015 Motegi (Jelang FP3/Q2): Rossi Tenang Wae, M1-nya Butuh Dikerok Lagi

ManiakMotor – Dikerok dan dikorek mah podo wae. Macam Yamaha M1 Valentino Rossi yang dari akumulasi FP1 dan FP2 hanya ke-8. Makanya butuh dikerok lagi di sirkuit Motegi, Jepang untuk menghadapi FP3 dan sesi lanjutannya Sabtu 10 Oktober 2015.

Namun, Rossi sebagai pembalap sejati sama sekali tak merasa ngeri melihat performa M1 Jorge Lorenzo di Motegi. Meski kata JL cidera bahu, ternyata mainnya mantap dan tercepat di semua sesi awal. Berbedalah dengan Rossi sendiri yang malah sejajar dengan para pembalap medioker.

Rossi hanya bilang masih harus kerja keras untuk temukan setelan motornya. Untuk itu motornya dikerok dulu. “Di akhir latihan semua pembalap memakai ban segar dan mempertajam waktu masing-masing. Urutan tidaklah terlalu buruk,” ucap The Doctor yang catat waktu 1:45,844 di FP1 dan kemudian meningkat jadi 1:45,544 di FP2.

Ia makin kencang sedikit, sedangkan Lorenzo ya semakin kencang lagi. Kalau di FP1 ia hanya kalahkan Rossi 0,412 detik, maka di FP2 meningkat jadi 0,823 detik. Tapi Rossi tak kaget dengan speed pesaingnya di klasemen tuh, karena memang sudah diprediksi olehnya sendiri di Motegi.

The Doctor sendiri masih sibuk mendoktor set-up terbaik untuk M1-nya. Itu pelahan dilakukan tapi pasti agar konsisten setiap lap. Terutama lebih teliti untuk pemilihan ban. Di sesi pagi The Doctor pakai ban keras dan finish tercepat ke-3, namun terkendala dengan grip saat coba ban lebih lembut di FP2.

Begitulah Rossi, masih bisa bilang hasilnya tak terlalu buruk meski disikat 0,8 detik. “Selalu tak mudah mempertajam waktu di MotoGP. Itulah yang harus tetap kami jalani dengan kerja lebih keras dan detil. Saya harus cek semua data yang terekam hari ini dan setelah itu menentukan langkah yang harus diambil pada sesi Sabtu,” tandas pemimpin klasemen sementara itu.

Yang apsti, kata Rossi, apa pun ceritanya maka yang diperjuangkannya adalah berada di level atas saat kualifikasi dan terlebih pada raceday. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Motegi Jepang, Moto2, Moto3, Spanyol, 9 – 11 Oktober 2015

MotoGP 2015 Motegi Jepang (FP2): Lagi Lorenzo Terkencang, Rossi Ke Posisi Semula

MotoGP 2015 Motegi Jelang FP2/FP3: Marquez Meragukan, Kesempatan Buat Pedrosa

MotoGP 2015 Motegi Jepang FP1: Lorenzo Tercepat, Iannone Ke-2, Rossi 3

MotoGP 2015 Motegi (Jelang FP1/FP2): Rossi Incar Podium, Lorenzo Ngaku Tidak Fit 100%

BAGIKAN