nhk

MotoGP 2015 Motegi (Jelang Race): Sesali Strategi di Q2, Ngeper Rossi Start Kedua

ManiakMotor – Jorge Lorenzo tampak tak gembira seusai cetak pole position di Motegi. Tak kepal-kepalkan tangan, tak menyapa penonton dengan antusias sepanjang ‘jalan pulang’ ke paddock, juga tak ada selebrasi. Mukanya pun loyo setelah bukan helm.

Tentu ada sebabnya, dan itu berkaitan dengan Valentino Rossi sang musuh bebuyutan di kejuaraan dunia. The Doctor sempat melampui catatan waktu JL dan jadi pole sitter sementara. Mas JL kudu berjuang ekstra dalam lap terakhirnya dan untungnya masih bisa mengambil alih posisi pole dengan marjin hanya 0,081 detik.

“Tentu saya senang dengan pole position, namun juga sangat kecewa dengan pilihan strategi 2 kali pitstop. Itu memberi celah menguntungkan buat Valentino yang menjadi rival utama di kejuaraan ini,” kata JL yang sama saja khawatir mirip-mirip ngeper dengan Rossi bisa berada di grid kedua.

JL satu-satunya yang pakai strategi 3 kali running atau 2 kali pitstop, yang lain pakai sekali pitstop. Pada running pertama, Rossi membuntuti motor JL dengan hasil di luar dugaan JL. Rossi cetak 1:44,662 dan satu lap berikutnya jadi 1:44,222 sementara JL hanya 1:44,768.

Pada running kedua, JL bikin waktu fantastis 1:43,990. Waktu itulah yang menjadi target Rossi untuk diburu dan ia punya waktu untuk mengoprek motor karena hanya sekali pitstop. Benar saja, saat turun gelanggang lagi Rossi bikin waktu 1:43,871 dan jadi pole sitter sementara.

Untungnya JL masih punya kesempatan tarung 1 lap terakhir. Harus pol-polan namun di saat sama juga khawatir jatuh. “Ini pelajaran penting ke depan. Saya harus lebih cerdas memainkan strategi, tidak seterbuka sekarang,” katanya.

Soal cideranya, ia akui sama sekali tak jadi masalah. “Lima hari lalu saya sangat khawatir akibatnya. Hari ini rasanya lebih baik dari kemarin, mungkin besok bertambah baik,” kata JL yang sama sekali tak sebut-sebut kemungkinan duel head to head dengan Rossi. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Motegi Jepang, Moto2, Moto3, 9 – 11 Oktober 2015

MotoGP 2015 Motegi (Jelang Race): Rossi Yakin Motornya Bertempur Dengan Lorenzo

MotoGP 2015 Motegi (Q2): Bergantian Lorenzo-Rossi Pecahin Rekor, JL Ke-1 Ditempel Tipis Oleh VR46

MotoGP 2015 Motegi FP4: Lorenzo Tercepat, Rossi Kedua Dipepet Setingan Lomba

MotoGP 2015 Motegi (Jelang Q2): Ini Fakta Kalau Lorenzo Pembalap Sehat

BAGIKAN