nhk

MotoGP 2015 Mugello (Jelang Q2): Marquez Ngetes Swingarm, Pedrosa Uji Tangan Kanan

 

ManiakMotor – Biasa nomor 1 jelas tak nyaman bagi Marc Marquez di posisi kedua tercepat dalam dua sesi latihan awal. Ia mengaku sibuk urusi perangkat elektronik dan setelan swingarm baru di RC213V-nya. Jika sensor-sensor elektronik bekerja dengan baik dan lengan ayun bisa mengayunkan suspensi dengan nayaman, bolehlah unggulkan doski menjadi pole sitter lagi.

Tiga pole positon musim ini dalam lima ronde balapan sebetulnya indikator jelas kalau RC213V di tangan Marquez masih layak. Maksudnya, itu motor masih kencang. Jangan pula secepatnya menuduh Marquez sedang tertekan hebat. Memang sih, hanya pole di GP Austin yang bisa ia konversi jadi kemenangan. Satu-satunya juara seri sejauh ini.

Meski Honda jarang menang di Mugello, Marquez toh masih berani membidik kemenangan seperti tahun lalu ia lakukan di Mugello. Syaratnya, sudah harus temukan setelan motor saat latihan dan kualifikasi hari ini karena dari situlah tanda-tanda kemenangan sudah bisa ditakar. Dan, sang jurdun bertahan sangat yakin bisa dapatkan hal itu pada sesi FP3 dan 4 hari ini.

“Perlu sejumlah laps lagi untuk memastikannya. Sepanjang sesi Jumat kami mencoba banyak hal, terutama elektronik guna mempertajam karakter mesin. Belum seutuhnya berhasil, tapi secara umum ada peningkatan,” kata Marquez yang sepanjang sesi FP2 berusaha mematahkan dominasi Andrea Dovizioso di atas GP15.

Rekan setimnya di Repsol Honda, Dani Pedrosa, juga menguji  kinerja elektronilk. Tapi, fokus utama Pedrosa kali ini bukanlah pol-polan cari best time, melainkan lebih tercurah pada uji ketahanan tangan kanannya yang dioperasi bulan lalu. Untuk itu ia lakoni 14 laps nonstop untuk mengetahui kondisi terkininya. “Hasilnya sangat positif. Pada sesi berikutnya saya akan coba memperbaiki peringkat sekaligus persiapan untuk raceday,” kata Pedrosa yang sementara tercepat urutan  13.

Buat DP,  perburuan poin tidaklah terlalu krusial karena peringkatnya di klasemen jauh di bawah akibat absen dalam tiga seri balapan. Beda dengan Marquez yang wajib menang agar posisi di jalurkejurdun tetap terjaga. Saat ini doski berada di urutan 4 dan tertinggal 33 angka dari Valentino Rossi sang pemimpin klasemen sementara. Andro

Baca Juga

MotoGP 2015 Mugello (Jelang Q2): GP15 Unggul Sementara, Mantap Nggak 23 Laps?

MotoGP 2015 Mugello (Jelang Q2): Rossi Masih Lacak Setingan, Belum Tahu Musuh Terberat

MotoGP 2015 Mugello FP2: Dovizioso Tercepat Latihan Bebas Kedua

MotoGP 2015 Mugello FP1: GP15 Dovizioso Yang Kencang Latihan Bebas Pertama

 

BAGIKAN