nhk

MotoGP 2015 Mugello Jelang Race: Marquez Masih Bersemangat Walau Start Dari Grid 13

 

 

ManiakMotor – Marc Marquez mengaku sejak awal sudah khilap di FP3 soal ban. Karena itu, ia gagal ke Q2 yang berlangsung Sabtu 30 Mei di sirkuit Mugello, Italia. Lewat Q1 pun strateginya berantakan  karena tersodok oleh Yonny Hernandez yang pakai Ducati Open Class yang boleh menggunakan ekstra ban lembut. Maka Marquez start dari grid 13, posisi terburuk selama dia ikut MotoGP.

Itulah kesalahan taktis dan teknis.  Teknis di FP3 lantaran kelamaan menyetel elektronik. Ceritanya, RCV Marquez perilakunya tidak sperti biasanya. Kurang jitu masuk tikungan dan kurang presisi saat keluar tikungan. Itu motor seperti ogah menjadi tempat gelantungannya Marquez seperti selama ini.

“Jadi Sabtu semuanya berjalan salah!” seru Marquez. “Dapat dikatakan tidak memakai ban baru di akhir sesi FP3. Saya menggunakan ban itu sejak kemarin dari awal sampai akhir, kami terlalu sibuk dengan elektronik. Dan itu butuh banyak lap yang memakan ban,” kesal Marquez.

Berkonsentrasi pada qualifying 1 agar lolos ke Q2, Marquez yakin hanya butuh satu ban dan sekali ambil kecepatan. Tujuannya dia masih punya dua ban candangan saat Q2. Sayang, catatannya masih di bawah Aleix Espargaro. Memang untuk sementara aman karena 1 – 2 bisa maju ke Q2, namun ia dan Repsol Honda Team mengamati cemas soal  Yonny Hernandez yang Ducati GP14-nya pakai ban ekstra lembut di akhir sesi Q1 di saat Marquez sudah masuk paddock.

Maka di akhir sesi Q1, Yonny melejit pertama dan Aleix jadi kedua, sedangkan Marquez ke-3. Itu artinya gagal ke Q2. Itu sama dengan juga bila digabung dengan hasil Q2, posisi grid start Marquez adanya 13. “Saya kurang paham, sebenarnya di Q1 muncul masalah, ban belakang banyak spin. Tapi kesalahan terbesar adanya di FP3.”

Marquez mengaku untuk menuju lomba dia masih akan memanfaatkan warm up. Di sesi ini pun dia masih berkutat dengan elektronik. “Juga masih ada sesuatu yang harus dicoba di warm up. Saya tetap semangat menghadapi lomba  walau start dari baris ke-5,” tutur Marquez sembari menyenangkan diri sendiri.

Beban Marquez memang semakin tertekan karena telah tertinggal 33 poin dari Valentino Rossi. Jadi saran portal ini tenang, konsentrasi dan sabar. Maksudnya jangan panik coy. Hehehe… Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Mugello, Moto2, Moto3, Italia 29 – 31 Mei 2015

MotoGP 2015 Mugello Jelang Race: Top Speed M1 Lorenzo Dikurangi Demi Tikungan

MotoGP 2015 Mugello Jelang Race: Iannone Masih Mensyukuri Pole Pertama Baginya

MotoGP 2015 Mugello (Jelang Race): M1 Rossi Baik-Baik Saja, Sambil Sindir Marquez

MotoGP 2015 Mugello Q2: Tercepat Iannone, Disusul Lorenzo

 

 

 

 

BAGIKAN