nhk

MotoGP 2015 Pasca Race Losail: M1 Rossi Unggul Tiga Sektor, Kecuali Trek Lurus, Dipengaruhi SSG

 

ManiakMotor – M1 Rossi disetel untuk menang pada 16 tikungan Losail di Qatar. Kecuali di sektor 4 atau yang disebut T4 di chronological analysis of performance  yang dikeluarkan MotoGP.Com M1 kalah. Ini lintasan finish line yang wilayahnya adu top speed yang disambut R1. Kolo sodara yang budiman dan baik hati sekalian nonton di tv, sudah pasti dua Ducati GP15 yang laju di situ. Coba lihat penggalan datanya, semoga berguna.

Bisa saja M1 menandingi speed Ducati. Tapi bukan itu yang dipilih Rossi. Pilihannya motor yang ringan menikung. Motor yang rajin tengok sana dan sini. Motor yang gesit berubah arah sesui derajat sudut tikungan. Makanya di T1, T2 dan T3 Rossi unggul telak.  Area ini bagian dalam Losail yang gabungan tikungan lambat dan cepat.

Bahkan di T2 M1 Rossi satu-satunya yang berlari di bawah 30 detik, tepatnya di T2 adalah 29.949 detik di lap 21. Kembali diulang pada lap 22 dengan 29.987 detik.  Lawan-lawannya di atas 30 detik bro. “Kinerja M1 saya dalam 22 lap sangat kuat. Itu motor nggak ada matinya,” kata Rossi begitu kira-kira artinya.

Tentu saja dia menang pada semua kombinasi tikungan losail lewat teknologi  yang saat ini terbaru  penyempuranaan SSG. SSG adalah seamless shift geabox  atau rasio sangat close, zero jeda. Aktifnya reduksi mulus saat turun gigi bisa jadi sebabnya. Kerana kecepatan dari tahun lalu yang SSG-nya belum aktif turun gigi, semuanya meningkat. Termasuk M1 milik Lorenzo naik tajam pada empat T.

Tahun lalu M1 Rossi di T1 hanya 25.161 detik dan tahun ini 25.027 detik. Di T2 tahun lalu tercepatnya 30.133 detik dan tahun ini telah disebut di atas, ya rajinlah sikit bolak-balik baca, hehe. Di T3 tahun lalu M1 Rossi 28.442 detik dan tahun ini tercepatnya 28.323 detik. Termasuk T4 juga tajam bila 2014 Rossi kedua di belakang Marc Marquez mencetak 31.635 detik tahun ini 31.511 detik. Ini hitungan tercepat semua.

Di T4 yang nota bene wilayah trek lurus, memang dia kalah dari dua Ducati. Tapi dari tahun lalu meningkat, lantaran dipengaruhi mulusnya tikungan R1. Bila fokusnya pengembangan pada SSG saat turun gigi, girboks Rossi tidak ‘tersendat-sendat’ ketika umpang persneling rendah di depan mulut tikungan R1. Memang tidak mengabaikan pengembangan perangkat lain, tapi jelang Losail Full SSG ini yang heboh.

Kira-kira begitu. Dan R1 Losail kebanyakan akan dijumpai di sirkuit Austin, Amarika yang jadi tempat seri kedua MotoGP tahun ini. Miolo

BACA JUGA

MotoGP 2015 Pasca Race Losail Qatar: Rossi Pura-Pura M1-nya Pelan Di Latihan Sampai Kualifikasi

MotoGP 2015 Qatar (Pasca Race): Bautista Gagal Finish, Marquez Yang Disalahkan

MotoGP 2015 Qatar (Pasca Race): Puji-Pujian Banyak Pihak, Rossi Belum Bermain 100%

MotoGP 2015 Qatar (Race): Pedrosa Terancam Out, Stoner Masuk?

MotoGP 2015 Qatar (Race): Biarpun Kalah, Marquez Masih Saja Bikin Rekor

BAGIKAN