nhk

MotoGP 2015: Peluang Ducati GP15 Di Austin, Adalah..!

ManiakMotor – Khusus Andrea Dovizioso yang menggeber Ducati GP15 peluangnya terbuka di Austin, Amrik. Ya iya dong, tahun lalu dengan GP14 yang masih ‘malas’ menjejak tikungan doski bisa ketiga. Pakai GP15 yang asyik-asyik di trek lurus dan asoy-asoy di tikungan seharusnya duel ke podium dengan Honda RC213V Marc Marquez yang penguasa Austin dua tahun berturut.

Ya sih, tahun lalu walau ketiga, Dovi finish 20 detik kemudian setelah Marquez. Tapi ingat, itu dengan GP14 yang jauh performanya dengan GP15. Bila lihat GP15 di Losail, jelas punya kecepatan dan nurut dari sudut ke sudut sirkuit. Mestinya Dovi boleh membawanya dengan enteng di Austin  yang sesi latihannya telah mulai 10 April dan raceday pada 13 April. Yang 13 April itu di Indonesia, kalau di sana masih 12 April.  “Tapi harus dilihat dari sirkuit yang berbeda, termasuk di Austin nanti,” kata Dovi soal peluangnya yang masih lihat-lihat.

Tahun lalu Dovi naik podium tidak semata top speed, itu didapatnya dari kombinasi skill membawan motor pada 20 tikungan Austin. Boleh diintip di data top speed Dovi hanya ke-8 saat itu. Berarti Dovi paham memainkan set-up pada karakter Austin. Dia tidak membela kecepatan penuh pada dua  trek lurus, namun tetap menghitung masuk keluar-tikungan. Kalau semata bela top speed, Ducati dulu-dulu justru sangat mau dan pasti namanya akan tercatat salah satu pencetak top speed paling tinggi di sana. Ini kan, tidak!

Maksudnya, bekal Dovi itu akan dengan ‘mudah’ mengembangkan settingan  GP15 di sirkuit Texas. Dia punya kemampuan untuk melajukan GP15 di Amerika. Berarti punya peluang macam  di Losail. Kan akan terbantu oleh performa GP15 masa kini. Kira-kira begitu, ya kiranya juga benar. Kalau salah tolong dimaafkan, pak.

Kendati itu GP15 telah disunat bahan bakarnya dari 24 liter menjadi 22 liter sesuai ketentuan egulasi Open Class dari hasil dua podium di Qatar, toh, ditenggarai sebelum aturan itu diberlakukan, Ducati GP15 telah membawa bahan bakar hanya 22 liter. Ya nggak ngaruh aturan tersebut lantaran telah diantisipasi. “Kami tidak risau dengan aturan. GP15 dibikin dari kerja keras untuk balap sesungguhnya seperti  pabrikan lain,” yakin Dovi.

Silakan diperlihatkan di Austin, bro. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2015: Stoner Keberatan Gantikan Pedrosa, Sirkuit Austin/Argentina Tak Dikenalnya

MotoGP 2015: Mengenal Lebih Dekat Austin Di Texas, Sirkuit Main Fisik, Memang..!

MotoGP 2015 Jelang Austin: Berharap M1 Rossi Laju Sampai Amrik

MotoGP 2015 Jelang Austin: Marquez vs Iannone, Duel Alumnus Moto2 Yang Tertunda

MotoGP 2015 Jelang Austin: Stoner Ngeper, Ogah Balik ke MotoGP

 

 

 

 

BAGIKAN