nhk

MotoGP 2015: Pemerintah Pusat Intervensi, Brno Lanjut 5 Tahun

ManiakMotor – Sempat terancam bubar dan tak dapat jatah lagi, akhirnya GP Ceko di Brno terselamatkan setidaknya sampai 5 tahun ke depan. Begitu deal Dorna Sports dengan  pemerintah Rep. Ceko.

Nasib Brno sempat terombang-ambing akibat perseteruan panjang antara penyelenggara GP Brno yang dimotori Karel Abraham Sr. Abraham yang juga pemilik sirkuit Brno itu bersiteru dengan pihak pemerintah daerah setempat. Masalahnya adalah faktor keuangan yang tak jelas. Padahal GP Brno tercatat sebagai ajang yang selalu padat penonton.Tahun lalu, misalnya, tercatat  total 240.695 orang yang nonton di sirkuit dalam tiga hari penyelenggaraan. Tahun ini di raceday ada 140 ribu pasang mata.

Lucunya, penyelenggara bilang tak punya uang untuk hajatan 2015. Karena hitung-hitungan tak beres, pemerintah lokal pun hentikan bantuan dana penyelenggaraan sehingga terkatung-katung. Dorna sudah beri ultimatum akan mencoret Brno dari kalender 2015 dan seterusnya.

Untungnya datanglah Katerina Valachova melobi bos Dorna Carmelo Ezpeleta. Ibu Katerina adalah Menteri Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Rep. Ceko. Rupanya, lobi sang menteri terbilang ampuh. Pokoknya tidak seperti Menpora sampeyan deh.

Buktinya, jatah Brno diperpanjang 5 tahun. Penyelenggaranya dibentuk baru. Bukan lagi Abraham yang ayah kandung rider MotoGP Karel Abraham itu. “Dengan bangga saya umumkan GP Brno masuk kalendar 2016 dan setidaknya empat tahun setelah itu,” katanya.

Opa Ezpeleta pun sumringah karena GP Brno termasuk bersejarah dalam balap Grand Prix. GP Ceko sudah dihelat sejak 1965, tertua kedua setelah GP Assen di Belanda sebagai satu-satunya event yang dimainkan sejak 1949. “Kami bahagia karena bisa bikin kesepakatan dengan otoritas Rep. Ceko. Ajang ini sangat popular dan dapat tempat tersendiri dalam kompetisi,” kata Ezpeleta.

Tempat tersendiri yang dimaksud ya limpahan penonton tadi Bro! Itu membuat tayangan bagus di layar tipi, sponsor pun senang. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

Hasil MotoGP Brno, Ceko, Moto2, Moto3, 14 – 16 Agustus 2015

MotoGP 2015 Brno (Pasca Race): Akui Lorenzo, Marquez Bersyukur Kalahkan Rossi

MotoGP 2015 Brno (Pasca Race): Strategi Rossi Mandeg, Motor Tak Mumpuni

MotoGP 2015 Brno (Pasca Race): Taktik Jitu Lorenzo, Bikin Marquez Tak Mampu Mendekat

 

BAGIKAN