nhk

MotoGP 2015: Penggantian Ban 2016 Pengaruhnya Lebih Besar Dari Regulasi Elektronik

 

 

ManiakMotor – MotoGP 2016 akan menggunakan dua regulasi terbaru sekaligus. Penggantian ban dari Bridgestone ke Michelin dan penerapan elektronik standar Dorna. Dua-duanya punya tantangan. Tapi lebih besar lagi dari segi ban yang dampaknya pada semua suku cadanga motor bahkan sampai pada elektronik dan karakter pembalapnya.

Itu menurut Jeremmy Burgess. Mantan mekanik top bangat yang mengantar Valentino Rossi 7 kali juara dunia. Ia pastikan dampak ban akan  lebih rumit dibanding elektronik. Ban akan pengaruh pada sasis, suspensi, dan pokoknya semuanya sampai pada kepercayaan pembalap di atas motor. Maklum hubungannya langsung dengan menyatunya motor dengan lintasan.

Bahkan Burgess memperkirakan dampak besarnya juga pada Rossi dan Marc Marquez ketimbang pakai Bridgestone. “Malah saya pikir akan muncul pembalap lain yang pas membawa Michelin. Ini pernah terjadi di era lalu saat pergantian ban. Jaya di merek ban sebelumnya, tak bisa apa-apa saat pakai merek berbeda,” jelas Burgess yang menghargai usaha Dorna sebagai penyelenggara MotoGP membawa event ini akan seimbang satu sama lain.

Itu ilmu kira-kiranya dia. Disebut kira-kira karena belum kenyataan. Aturannya saja baru tahun depan. Belum tentu yang akan terjadi sebenarnya. Benar pun malah bagus, balap jadi seimbang antar tim. Mengingat aturannya tetap one make tyre atau pakai ban yang sama, Michelin. Yang membedakan hanya tekanan ban dan jenis (hard, medium dan soft) yang dipakai saat balap.

Singkatnya tinggal adu skill mekanik dan pembalap, karena ditambah elektronik yang seragam pula. Kan begitu harapan Dorna agar MotoGP tak melulu empat pembalap itu-itu saja yang bertarung di depan. Apalagi menurut Brugess, Michelin telah belajar banyak dari kesalahan masa lalu. Mereka muncul kembali lebih siap dengan ban yang bermutu. Tapi ingat, sdm pabrikan yang dibayar mahal dengan teknologi termahal juga jadi penentu cepatnya proses penyatuan kompin Michelin dengan motor. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2015: Edan, Crutchlow Berani Ancam Rossi, Marquez, Lorenzo, dan Pedrosa

MotoGP 2015: Lap Record 2014 Diborong Marquez, Rossi Nol

London Show Bike 2015: Motor Apek Rossi Pun Ikut Dipamerkan

MotoGP 2015: Lorenzo Bisa Kalahkan Marquez Asalkan Mau Belajar

MotoGP 2015: Ducati Yakin Performa GP15 Akan Melawan

 

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353