nhk

MotoGP 2015 Philip Island (Jelang FP3/Q2): Ke-9 Rossi Masih Bilang Oke, Pakai Ban Bekas

ManiakMotor – Entah kepercayaan diri The Doctor memang tokcer atau sengaja bikin panas kuping lawan. Meski tujuh posisi di belakang Jorge Lorenzo, Rossi sedikit pun tak mengeluh dari hasil akumulasi FP1 dan FP2 pada Jumat 16 Oktober di sirkuit Philip Island, Oztrali.

Ia memang mengakhiri sesi latihan hari perdana di posisi ke-9, jauh di belakang Lorenzo. “Tak terlalu mengecewakan. Kecepatan rata-rata saya terbilang oke dan konstan. Yang penting masuk 10 Besar karena besok mungkin saja cuaca tak mendukung,” ucap Rossi yang dengan posisinya sudah masuk otomatis ke sesi Q2 jika nantinya hujan di sesi FP3.

Doski wajar disikat para pembalap satelit dan tiga peserta Open Class. Pasalnya, 8 pembalap di depannya itu menggunakan ban segar di akhir sesi FP2 dan dengan ban itu mencatatkan best lap masing-masing. Beda dengan Rossi yang coba ban segarnya di awal latihan dan kembali menggunakannya di akhir sesi pada ban asimetris.

Bisa jadi ia tengah mengukur daya tahan ban untuk 27 lap durasi balapan nantinya. “Terlalu dini untuk membandingkan segala sesuatunya, tapi kecepatan saya cukup bagus meskipun pakai ban bekas,” tegas Rossi yang mengaku punya dua opsi set up di Philip Island saat ini. Satu setelan yang membuat motor tak banyak spin karena aspal licin, satunya  dengan fokus menambah kelincahan dan speed di tikungan cepat.

Ia juga terkesan tak gentar dengan speed Lorenzo yang tercepat di FP1 dan masih cepat di FP2 meski dilampaui Marc Marquez. Terlepas dari startegi ban di FP2, Rossi merasa tak kalah telak dari Lorenzo dengan ambil contoh di FP1 saat sama-sama gunakan ban segar. “Kami seimbang, kalaupun kalah sangat tipis. Tapi, bagaimanapun ia tetap harus diperhatikan, juga Marquez. Besok pasti makin cepat dengan pengembangan yang ada,” tandasnya.

Kenyataan di FP2 membuat Rossi harus fokus langsung ke sesi Q2 untuk cari posisi di depan.  Ia harus hindari posisi start dari belakang anak-anak Ducati ataupun  Suzuki jika tak ingin terkendala di awal-awal lap saat raceday nantinya. Pasalnya, rombongan Ducati dan Suzuki boleh pakai ban lembut jatah Open Class dan karakter ban itu sangat mantap di aspal Philip Island. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Philip Island Australia, Moto2, Moto3, 16 – 18 Oktober 2015

MotoGP 2015 Philip Island (Jelang FP3/Q2): Lorenzo Ubah Skenario

MotoGP 2015 Philip Island (FP2): Marquez Tercepat, Lorenzo Ke-2, Rossi Ke-9

MotoGP Philip Island Australia FP1: Lorenzo Tercepat, Marquez Ke-2, Rossi 3

MotoGP 2015 Philip Island (Jelang FP1/FP2): Jumpa Pers Tanpa Marquez, Rossi – Lorenzo Jadi Sorotan

MotoGP 2015 Jelang Philip Island: Pakai Ilmu Napoleon, Rossi SiapTempur 27 Lap

BAGIKAN