nhk

MotoGP 2015 Philip Island (Jelang Race): Ban Masih Melintir, Rossi Belum Temukan Solusi

ManiakMotor – Jarang sekali Valentino Rossi mengeluh. Biasanya start dari row ke-3 tidak menjadi beban atau masalah baginya. Beda di ronde Philip Island usai kualifikasi pada Sabtu, 17 Oktober. The Doctor mulai mengeluh.

Posisi start ke-7 dengan gap 0,6 detik dari Marquez dan 0,3 detik dari Jorge Lorenzo dianggap bakal jadi kesulitan tersendiri saat balapan. “Sepanjang Sabtu kami lakukan berbagai upaya untuk menambah kecepatan, tapi hasilnya tak ada yang sesuai harapan. Masuk sesi Q2 sesungguhnya belum terlalu siap. Ban masih sering melintir,” katanya sembari berharap bisa temukan solusi sebelum balapan yang adanya di sesi warm up.

Kemungkinan melintirnya ban M1 Rossi pada sector 2. Sebab memang, ia masih kalah telak dari Lorenzo di sector 2. Sektor ini yang memiliki tikungan cepat sekali. Bahkan di Q2, berlanjut ke sector 3, walau Rossi unggul di sector 1 dan 4, tapi tipis. Silakan lihat  Best Partial Time untuk Q2 dan FP4 yang biasanya sebagai patokan set-up lomba. Karena itu dia hanya ke-7.

Row ke-3 itu, selepas start Rossi sudah akan disibukkan oleh tiga pembalap dengan karater sendiri-sendiri. Dani Pedrosa di urutan 4 jelas punya pace seimbang dengan motornya. Tapi, menghadapi Cal Crutchlow dan rider muda Maverick Vinales yang agresif, Rossi tentu harus bikin perhitungan tersendiri. Di sisi lain ia harus hindari reiiko sekecil mungkin dalam kaitan rivalitas dengan Lorenzo di papan klasemen.

Masalah terbesar yang dihadapi masih sama sejak sesi latihan, yakni roda belakang yang banyak bergeser. Ya kalau sudah bergeser alias mlintir saat berakselerasi, gas ndak boleh dibuka banyak. Itu pasti Rossi tahulah.

Meski balapan berlangsung panjang, 27 lap, Rossi merasa tak perlu terlalu fokus pada daya tahan ban karena aspal lintasan tak terlampau keras menggerus kondisi ban. Yang harus ia perbaiki hanyalah spin itu tadi, agara bisa selamat dri cegatan Pedrosa,Crutchlow dan Vinales, dan selanjutnya coba fight melawan Lorenzo.

Ditunggu hasil kerja Kepala Mekanik Silvano Galbusera dan anak buahnya, untuk berkreasi dapatkan set up alternative, supaya roda belakang tetap diam walau dibetot. Andro

BACA JUGA

 Hasil MotoGP Philip Island Australia, Moto2, Moto3, 16 – 18 Oktober 2015

MotoGP 2015 Philip Island (Jelang Race): Lorenzo Kesal Ditekuk Iannone, Fokus Pada Prosesi Start

MotoGP 2015 Philip Island (Jelang Race): Marquez Janji Tak Akan Seruduk Lorenzo ataupun Rossi

MotoGP 2015 Philip Island (Jelang Race): Pole Ke-30, Marquez Incar Kemenangan Perdana

MotoGP 2015 Philip Island (Q2): Marquez Pole Position, Lorenzo 3, Rossi Hanya Ke-7

MotoGP 2015 Philip Island FP4: Marquez Terlaju, Disusul Lorenzo, Rossi 6

MotoGP 2015 Philip Island FP3: Marquez Tercepat, Lorenzo 3, Rossi 7

BAGIKAN