nhk

MotoGP 2015: Pindah ke Suzuki, Valentino Rossi Mau Ga Yaaa?

ManiakMotor – Kembalinya Suzuki ke MotoGP jelas sebuah megaproyek. Tim pabrikan Jepang itu pun ingin setahun lagi mengembangkan pacuan 1000 cc-nya  agar benar-benar layak tampil di papan atas.

Tadinya Suzuki sudah bikin program comeback pada musim 2014 dengan perkiraan calon pembalapnya adalah Cal Crutchlow dan naikin Scott Redding dari Moto2. Sejumlah tes sudah dilakoni, termasuk tes resmi bareng Honda dan Yamaha di Aragon. Hasilnya tak buruklah sebagai motor prototype. Malah lebih kencang dari Desmosedici GP13 dan tak kalah jauh dari Honda dan Yamaha.

Tapi, top management Suzuki memutuskan lain. Mereka ingin pacuannya dimantapkan lagi dan memilih terjun langsung pada musim 2015. Nah, di situ menariknya. Apakah ada ‘udang di balik batu’ dengan penundaan itu. Pasalnya, musim 2015 itu bursa MotoGP pastinya riuh karena sebagian besar pembalap pabrikan habis kontrak musim 2014.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Yang habis kontrak saat itu termasuk Dani Pedrosa dan Marc Marquez (Honda), Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi (Yamaha), begitu pun Andrea Dovizioso di Ducati. “Itu pasar bebas, saat semua pembalap bagus habis kontrak. Logikanya, motor bagus juga harus dipegang oleh joki yang bagus,” tutur Davide Brivios.

Om Brivio inilah yang memimpin proyek Suzuki saat ini. Ia mantan direktur tim Yamaha Factory Racing sampai saat Valentino Rossi hengkang ke Ducati dari Yamaha. Sampai kin ia sangat dekat dan bahkan memimpin bisnis VR46 milik The Doctor. Masih ada bisik-bisik yang semua orang belum jelas, termasuk sampeyan yang sangat mengerti peta MotoGP.

Dalam wawancara panjangnya di MCN, Brivio pun tak menampik kemungkinan ia akan berduet lagi dengan Rossi di Suzuki. “Mengapa tidak? Target kami adalah merekrut pembalap hebat yang memungkinkan, Valentino salah satunya. Kami harus coba semua kemungkinan. Jika memiliki pembalap hebat, kami akan bisa menunjukkan potensi yang dimiliki,” tegasnya.

Masalahnya, hal itu masih terlalu jauh untuk dijawab The Doctor. Kontraknya saja baru akan berakhir pada 2014, masa harus tanya-tanya soal 2015. Lagipula, ia kini tengah senyam-senyum usai menang di GP Belanda dan tengah melamun untuk raih kemenangan berikutnya.

So, sejauh ini belum ada komentar The Doctor seputar kemungkinan gabung Brivio di Suzuki. Semuanya, termasuk sampeyan-sampeyan yang lagi baca, hanya bisa bikin tebakan: Mau ga yaaa Rossi ke Suzuki? Ingat ya, MotoGP adalah industri. Tuh udah ada yang nyahut, wani piro? Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Bradl Lanjut di Honda, Pakai RC213V Pabrikan

MotoGP2013: De Angelis Geber Ducati, Bukan Max Biaggi

MotoGP 2013; Psikologi Rossi Menang Di Assen, Bekal Ke Jerman

MotoGP 2013: Lorenzo Mulai Bersiap ke Sachsenring, Tugas Baru Buat Rossi

 

BAGIKAN