nhk

MotoGP 2015: Poncharal Sebut, Marquez Seperti Rossi Di Masa Lalu

 

ManiakMotor –  Musim MotoGP 2015 akan melihat ketatnya Open Class (OC) yang bisa mengancam tim satelit. Ducati kian bagus, Honda membangun ulang versi OC dan Yamaha memang sudah oke lewat M1 bekas yang dimodifikasi sesuai aturan OC.  Toh pemain papan atas terutama empat pembalap pabrikan, ketiga lainnya akan mandi peluh melawan Marc Marquez. Berarti termasuk Valentino Rossi.    

Itu yang dikatakan Herve Poncharal si bos Yamaha Tech3 dari tim satelit MotoGP. Poncharal telah 20 tahun lebih hilir-mudik di paddock MotoGP. Selain pemilik tim dia ini Ketua Asosiasi Pembalap MotoGP. Wajarlah dia punya pandangan  yang bisa jadi pegangan.  Makanya pegang kuat-kuat omongannya jangan sampai lepas.

Katanya, OC akan meningkat, maka satelit seperti Tech3  akan berat melawan mereka. Sekalian Suzuki yang baru masuk akan susah ditantang karena punya kelebihan bahan bakar dan jumlah mesin. Sedang Aprilia disebutnya masih butuh waktu. Mesin OC sewaktu-waktu lebih segar dengan aturan 12 engine per musin dibanding satelit yang dibatasi 5 per musim.

Di latihan, kualifikasi dan di lap-lap awal lomba mereka akan ke depan. “Karena diuntungkan ban yang ekstra soft dari aturan OC. Tapi ingat saja, empat pembalap papan atas 2014 masih akan menguasai musim 2015. Dan paling sulit dilawan tetap  Marc (Marquez). Dia seperti robot membawa motor, sama dengan Valentino di masa lalu,” tegas Poncharal yang sebenarnya berbicara soal peluang jokinya di Tech3 yakni Pol Espargaro dan Bradley Smith.

Walah… eit jangan salah ngomong bro Poncharal, kan sampeyan ditunjang Yamaha. Tapi doski ora urus. Baginya Marquez membawa referensi baru ke arena MotoGP. Dia sih tidak menjelaskan detil referesi tersebut. Yang jelas cara-cara Marquez membawa motor yang belum pernah ada sebelumnya di MotoGP.

Teknik-teknik Marquez yang sulit dilakukan musuhnya, tapi dia dengan enteng melipat-lipa RC213V yang tenaganya 250 dik ke atas. Persis Rossi 10 tahun lalu di saat Yamaha dianggap tak kencang, tapi bisa mengalahkan Honda di masa itu.  “Saya senang Yamaha dengan  Jorge dan Valentino akan kuat 2015. Tapi akalau ada meja taruhan, saya tetap pegang Marc,” jelas pria gondorng dari Prancis itu.

Poncharal lalu membalik semua cerita untuk MotoGP 2016. Situasi tahun depan akan berat buat Marquez, Rossi, Lorenzo dan Pedrosa. Baginya tahun depan atau 2016 adalah kebangkitan tim satelit seperti era GP500 sering juara seri bahkan juara dunia. Alasannya regulasi ban baru yang bersamaan dengan penyeregaman elektronik di semua motor. Ito     

BACA JUGA

Marquez Dan Rossi, Tetap Pakai Rumus Pangkas Panjang Sirkuit Di MotoGP 2015

MotoGP: Kawasaki Diminta Serius, Aegerter Testernya Januari 2015 Ini

MotoGP 2015: Mantan Mekanik Pedrosa Ke KTM, Tangani RC16 Bermesin V4 Pneumatic Valve Dan SSG

MotoGP 2015: Rossi Masih Sibuk Promosi Merchandise, Target Juara Tetap

 

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353