nhk

MotoGP 2015: Program SSG Turun Gigi M1 Akan Mulus, Sepaket Pengereman Cepat

 

ManiakMotor – Pengereman Yamaha M1 2014 sering masalah. Bila dibikin pakem untuk menghentikan motor sesegara mungkin, justru malah mengacaukan kecepatan di area tikungan. Itu ada hubungan dengan SSG (seamless shift gearbox). SSG M1 belum semulus Honda saat giginya diturunkan. Valentino Rossi sempat meminta Yamaha Racing untuk sengera mengaktifkan SSG untuk turun gigi sama baiknya dengan naik gigi.

Pada umpan-umpan ke gigi rendah itu, M1 masih kasar yang bisa jadi ngaruh pada engine brake. Berarti ada hubungan dengan pengereman juga. Kan tak mungkin sambil mengerem naik gigi kan? Yang ada sambil mengerem turun gigi, pak. Begitu juga di motor sampeyan yang digunakan harian.

Macam itulah penjelasan  Kouichi Tsuji, Pimpinan Yamaha MotoGP Grup. Tsuji memang cerita banyak, namun dua item itu yang banyak dicuap-cuap. Program rem diakui telah berhasil dibenahi di ruang Yamaha Racing dalam musim istirahat usai test di Valencia 2014. Sedang kinerja SSG untuk menurunkan percepatan tinggal finishing. “Ketinggalannya dalam dua area tersebut. Pembenahan rem sudah sangat baik  pada M1 2015. Ini bisa menutupi ketertinggalan dari lawan,” yakin Tsuji.

Tsuji bilang dengan pembenahan tersebut Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi berpeluang untuk juara dunia 2015. Keduanya akan menaiki motor yang bisa segera berhenti saat direm di depan tikungan tanpa menganggu kecepatan diinginkan. Ya itu tadi, pengereman yang lebih terukur. Entalah dibenahi dari caliper rem Brembo atau soal distribusi bobot dengan penggunaan sasis M1 edisi 2015. Itu tidak dijelaskan.

Tahun lalu, M1 sangat terganggu di setiap titik pengereman. Bila dipaksakan mengerem untuk menghentikan motor lebih singkat, hendling jadi ribet. Berarti gejala geetu ada hubungangan dengan SSG saat turun gigi dong? “Makanya downshifting (turun reduksi) ikut deprogram. Perkembangannya sangat baik. Berbeda  dengan upshifts (naik gigi) seamless kami sudah oke,” tambah Tsuji yang dari tutur katanya bakal memanfaatkan test Sepang1 untuk meyakinkan programnya.

Okelah perlu dilihat di test Sepang1. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Test Sepang1: Lorenzo Harap Marquez Bermasalah Dengan RC213V

MotoGP 2015: Fokus Pada 3 Seri Awal, Rossi Bertumpu Pada Racikan Galbusera

MotoGP 2015: 23 Merek Nempel di M1 Baru Rossi – Lorenzo

Movistar Yamaha MotoGP 2015; Corak (Livery) Baru M1 Rossi/Lorenzo

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353