nhk

MotoGP 2015 Qatar (Jelang Kualifikasi: Menanti Pole Pertama Ducati GP15

ManiakMotor – Sejak tes Losail lalu sampai usai FP3 GP Qatar tadi malam, Ducati GP15 jadi favorit perebut pole position di seri pembuka kompetisi 2015. Gaktanya, Marc Marquez di atas RC213V masih terbaik di tiga FP. Bakal jadi 15 menegangkan di sesi Q2.

Sebagai kontestan yang ikut regulasi Open Class, Ducati boleh pakai ban ekstra lembut di sesi keulaifikasi. Namanya lebih lembek, grip lebih lengket dengan lintasan dan lebih mumpuni di single lap. GP 14 sampai seri GP14,3 dapat manfaat signifikan dari ban itu.

Tapi, kini sepertinya Ducati harus berpikir ulang pakai extra soft tyre pada sesi Q2 hari ini. Masih diragukan daya saingnya di trek Losail saat dipasok ke tubuh Desmosedici GP15. Pasalnya,saat jadi satu-satunya rider yang berlari di bawah 1:55 saat tes lalu, Andrea Dovizioso mengaku pakai ban medium.

Di FP3 tadi malam, Andrea Iannone pun jadi pembalap pertama yang bikin waktu 1:54 koma sekian. Dibuat pada lap ke-3, katanya juga pakai ban medium. Cukup lama waktu Iannone bertahan di atas. Sayangnya, doski kecelakaan di R2 pada lap ke-13 sehingga tak lagi ingin memaksakan peningkatan waktu dan akhirnya tergeser ke urutan 3 di bawah Marc Marquez dan Cal Crutchlow.

“Saya tengah mencoba varian seting berbeda, eh malah celaka. Roda depan seperti terkunci saat masuk tikungan. Itu R2 memang harus diubah karena kami seringkali terkendala di situ,” keluh Iannone yang sepanjang FP3 menggunakan ban medium sebagai langkah antisipasi untuk dipakai raceday.

Ia hanya menggunakan ban ekstra lembut di FP2 dan hasilnya ternyata kurang menggembirakan. Dovi pun merasa kurang mantap dengan ban ekstra lembutnya.  Dan, sejauh ini belum ada tanda-tanda apakah duo Italiano itu akan pakai ban medium atau soft di sesi Q2 untuk berebut pole.

Sesi FP4 hari ini akan jadi penentuan. Yang jelas, kedua GP15 itu tampil di FP3 dengan tambahn wing di fairing masing-masing seperti eksperimen di tes Losail. Gunanya untuk meningkatkan aerodinamika, yang sayangnya tak dibocorkn bagaimana sistem kerjanya.

Tadi malam suhu udara di Losail 23 derajat celcius sementara suhu lintasan mencapai 35. Padas suhu itu ternyata Iannone sanggup bersaing dengan Marquez dalam selisih waktu 0,1 detik di atas jenis ban sama-sama medium. Nah, tinggal tunggu perubahan suhu saat Q2. Beranikah Ducati tetap pakai medium atau berjudi dengan ban lembut? Sebuah poenantian menarik coy! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Losail Qatar 26, 27, 28, 29 Maret 2015

MotoGP 2015 Qatar (Jelang QTT): Yang Lain Masih Omong QTT, Marquez Sudah Mikir Strategi Balapan

MotoGP 2015 Qatar Jelang QTT: Hadapi Q2 Dan Raceday, Rossi dan Lorenzo Masih Bingung

MotoGP 2015 Losail Qatar FP3: Tetap Saja Marquez, Dibayangi Crutchlow, Rossi???

MotoGP 2015 Losail Qatar FP2: Marquez Sangat Cepat Ditempel Pedrosa

BAGIKAN