nhk

MotoGP 2015 Qatar Jelang QTT: Progres Suzuki Berlanjut, Siap Tarung Dengan Ban Lembut

ManiakMotor – Hanya 4 Besar di FP3, bukan 3 Besar seperti di FP2. Tapi, Suzuki GSX-RR besutan Aleix Espargaro bikin kejutan rrruarrrbiazaa. Sudah main dengan catatan 1:54 lho! Dengatan orang lama tapi baru, memang. Kan Suzuki dari dulu di MotoGP cuma hilang empat tahun datang lagi.

Aleix di akhir acara mampu masuk ke-4 dengan waktu 1:54,994 atau hanya tertinggal 0,172 detik dari Marc Marquez di posisi teratas. Hanya 4 rider yang mampu lari di bawah 1:55. Selain Marquez dan Aleix, juga Cal Crutchlow dari tim satelit LCR Honda dan Andrea Iannone dari Ducati.

Seperti rencana semula, Aleix gunakan sebagian besar waktunya FP3 untuk menyetel motornya agar bisa ikuti jurus konsisten dengan ban medium. Itu dalam rangka persiapan lomba pada Minggu, 29 Maret. Setelah kelar uruasan tersebut, barulah doski bermain-main dengan ban jatah Open Class, yakni extra soft tyre.

 Sebagai pabrikan yang baru masuk lagi MotoGP tahun ini, status Suzuki memang Factory2 seperti Ducati dan Aprilia. Dengan status itu mereka boleh pakai ban belakang yang sangat lunak. Beda dengan Ducati yang cetak best lap-nya dengan ban medium, Aleix justru bikin catatan waktu fantastis itu dengan ban paling lembut yang dikeluarkan Bridgestone.

Sudah pasti, ban itu juga yang akan dipakai pada sesi Q2 malam ini. “Pace rata-rata untuk balapan sudah positif dengan medium. Tinggal sedikit modifikasi di roda depan agar lebih mudah diarahkan pada raceday. Kepercayaan diri tinggi memasuki sesi kualifikasi, ingin tahu di mana grid kami nantinya,” ujar Aleix yang tentunya mengincar front row karena memang punya peluang ke sana.

Manajer Tim Suzuki Davide Brivio pun sangat sumringah lihat hasil pembalapnya. Itu bukti cara kerja timnya sudah berada di trek yang benar. “Aleix masuk jajaran pembalap papan atas. Tapi, yang juga sangat penting adalah kemajuan secara keseluruhan. Itu meningkatkan kepercayaan diri kami semua. Kami tunggu apa yang akan terjadi saat kualifikasi,” ucap mantan manajer Valentino Rossi itu.

Sama bos, kita juga tunggu aksi lanjutan GSX-RR! Andro

BACA JUGA

Hasil Yamaha Sunday Race R-Cup Series Sentul, Bogor, Jabar 28 – 29 Maret 2015

MotoGP 2015 Qatar Jelang Kualifikasi: Sensasi Crutchlow, Berani Bidik Pole

MotoGP 2015 Qatar (Jelang Kualifikasi: Menanti Pole Pertama Ducati GP15

MotoGP 2015 Qatar (Jelang QTT): Yang Lain Masih Omong QTT, Marquez Sudah Mikir Strategi Balapan

MotoGP 2015 Qatar Jelang QTT: Hadapi Q2 Dan Raceday, Rossi dan Lorenzo Masih Bingung

BAGIKAN