nhk

MotoGP 2015 Qatar (Jelang Race): Saatnya GP15 Incar Kemenangan

ManiakMotor – Motor bila sudah lincah, tak butuh lagi top speed gila-gilaan seperti Ducati yang dulu-dulu. Di GP15 kelebihan yang dulu-dulu itu sepertinya dihilangkan. Lihat saja top speed GP15 kalah dengan GP14.3 milik Yoni Hernandez dan Danilo Petrucci. Keduannya mampu terbang 346 km/jam dan 342 km/jam yang tentu saja di trek lurus Losail, Qatar.

GP15 milik Andrea Dovizioso top speednya hanya ke-6 atau 337 km/jam. Kan hanya ada dua pilihan bro. Bila memilih top speed, harus mengorbankan low speed. Kalau misalnya GP15 Dovi top speednya sama dengan GP14.3, ya tentu tidak akan seagresif seperti kualifikasi yang mengantarnya pole position. Tarikan awalnya akan berkurang, karena dipengaruhi perbandingan gigi. Ya begitu kata mekanik.

“Sepanjang karir di kelas primer, baru kali ini saya rasakan motor yang benar-benar sesuai dengan kemauan. Saya semakin paham apa yang dibutuhkan dalam balapan nanti. Tapi, realitas hari ini belum jadi jaminan dalam balapan. Anak-anak Honda dan Yamaha, juga Iannone bisa tampil beda, karena segala sesuatunya bisa berbeda saat balapan,” kata Dovi.

Sukses Andrea Dovizioso mengalahkan duet Repsol Honda disambut hangat seluruh awak Ducati Corse. Terutama Luigi Dall’Igna sang konseptor GP15. Motor buatannya itu sungguh beda dengan versi sebelumnya. Maka untuk membidik kemenangan perdana GP15 sudah tak ada  pekerjaan rumah Ducati, baik untuk Dovi maupun Andrea Iannone. Tinggal balap.

Ursan top speed sudah paslah, walau kalah dari duet Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa yang urutan 2 dan 3 mencapai top speed 340,1 dan 339,9 km/jam. Kan sudah dibilang tadi, bila menyamakan top speed dengan lawannya, niscaya akan mengganggu torsi awal yang justru melejitkan Dovi setiap keluar tikungan. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Losail Qatar 26, 27, 28, 29 Maret 2015

MotoGP 2015 Qatar (Jelang Race): Marquez Tertantang GP15, Tetap Waspadai Rossi dan Lorenzo

MotoGP 2015 Qatar (Jelang Race): Rossi Masih Tenang, Lorenzo Mulai Pesimis

MotoGP 2015 Losail Qatar (Jelang Race): Geometri Ducati GP15 Sudah Berubah Jauh Sekali

MotoGP 2015 Losail Qatar Q2: Dovizioso Dengan Ducati GP15 Pole Position Kualifikasi

BAGIKAN