nhk

MotoGP 2015 Qatar (Race): Biarpun Kalah, Marquez Masih Saja Bikin Rekor

ManiakMotor – Start front row tak jaminan mulus di garis start. Marc Marquez jadi contoh di GP Qatar. Disalip lawan saat start membuatnya makin gaspol masuk tikungan pertama, dan ternyata malah bikin masalah.

Moncong RC213V-nya melebar saat memaksa menyalip lawan. Karena itu MM harus berkelit agar tak keterusan ke luar trek, namun posisiny langsung anjlok ke barisan paling belakang.

Sementara Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso sudah asyik bertarung di baris depan, MM malah sibuk membenahi posisi. Dari urutan ke-25 ia caplok satu demi satu rider di depannya. Betul-betul gaspol tanpa mikir risiko, yang penting posisi makin ke depan. Dengan cara itulah MM kemudian bisa cetak top speed 350,5 km per jam. Itu rekor baru kecepatan sepanjang sejarah kelas primer.

Rekor sebelumnya milik Andrea Iannone (349,6 kpj) ia patahkan. Dan, hasil  akhirnya, MM hanya finish urutan 5. Dari urutan 25 ke posisi 5, huebat kan?  “Ya, tetap harus senang karena bisa dapat 11 poin di sini. Daripada tidak sma sekali,” tukasnya.

Tapi gara-gara itu pula dia kehabisan ban sehingga tidak bisa mendekat ke barisan depan. Itu sudah diusahakan Marquez dengan berbagai skill-nya.  Saat itu ia sudah melewati Dani Pedrosa dan berada di urutan 5 pada lap ke-12. Artinya, MM punya kesempatan 10 lap sisa untuk mengejar.

Sayangnya, pace Ducati dan Yamaha tak kalah knclong dibandingkan RC213V. Semuanya sama kencang. Dan, dalam beberapa lap terakhir, MM lebih condong bermain aman karena merasa akan sangat sulit mengejar selisih  4 detik. “Yang jelas kecepatan saya sebenarnya sama dengan yang di depan. Kita lihat nanti di Austin,” ujar MM seolah tunggu tantangan di Astin karena di trek Texas itu ia memang dominan dalam dua musim ini. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Losail Qatar 26, 27, 28, 29 Maret 2015

MotoGP 2015 Qatar (Race): Gara-Gara Gabus, Lorenzo Harus Ngalah

MotoGP 2015 Qatar (Race): Dovi Akui Sulit Melawan Rossi, Terlalu Kencang Di Trek Lurus

MotoGP 2015 Qatar (Race): Sensasi Rossi Membalap Di MotoGP Sampai Umur 40 Tahun

 

 

 

BAGIKAN