nhk

MotoGP 2015: Rossi Juga Sangat Siap Menghadapi Sachsenring

 

ManiakMotor – Sirkut Assen dan Sachsenring pastilah beda, ya iyalah, tambah pasti dong. Assen walau tikungannya rapat tapi sifatnya kencang. Sachsenring juga tikungannya merayap tapi disebut salah satu sirkuit terlambat. Sudah geeetu, sirkuitnya kebanyaknya meper, eh nikung kiri. Dari 13 tikungan hanya tiga ke kanan, panjangnya 3.7 km dan lebar cuma 12 meter

Beda pula yang akan dihadapi Valentino Rossi di Sachsenring walau doski mengaku siap jasmani dan rohani. Rossi juga telah berkampanye mulai kencang sejak hari pertama pada FP1 dan FP2 yang telah dimulai Jumat 10 Juli 2015 di Jerman. “Saya siap untuk Sachsenring. Saya juga akan memerlakukan sirkuit ini seperti Assen, sesi awal sudah harus tampil baik,” kata Valentino Rossi.

Di Assen sepak terjang M1 dan Rossinya sendiri memang telah teruji. Di Assen M1-nya nurut, karena masih satu karakter sirkuit cepat. Lagi pula, penguasaan Rossi terhadap Assen di luiar kepala, hapal bangat maksudnya. Jangan lihat hasil kemarin saat dia duel dengan Marc Marquez. Tapi lihatlah dia kembali ke Yamaha kedua kalinya dan M1 belum dapat set-up sesuai gayanya masa kini, Rossi bisa juara di Assen.

Sementara Sachsenring tipikalnya bertolak belakang. Ini sirkuit butuh rem deras di depan tikungan, butuh akselerasi keras pula setelah itu. Sirkuit yang bertentangan dengan spek Yamaha. Tapi jadi lintasan kesukaan Honda. Lihat saja, lima tahun belakangan itu sirkuit rutin dimenangi Honda. Belum lagi yang memang sirkuitnya melawan arah jarum jam disenangi Dani Pedrosa yang kidal dan ternyata pula Marquez piawai.  

Bila benar, M1 dan Rossi sudah berhasil kencang sejak sesi awal, petanda M1 kemplet dibangun untuk semua sirkuit tahun ini. Salah satu teknologi menyaingi Honda di sirkuit macam ini diluncurknannya  awal 2015, yakni girboks baru. Sebelumnya girboks ini hanya diisi gigi-gigi yang tanpa jeda berakseslerasi walau terjadi pindah gigi.

Sekarang sudah lengkap dengan versi turun gigi yang disebut full  shimless shift gearbox (SSG). Ada buktinya sih dengan juara 7 kali dari dari 8 seri lalu. Kemarin di Assen sudah ditambah lagi dengan sasis baru. Khusus Rossi mengaku dan memang kelihatan sekalian ada buktinya, itu sasis bikin maneuver motornya tajam bagai silet masuk tikungan. “Di Jerman penting sebagai penegasan kompetitifnya Yamaha,” tegas Rossi sembari berbisik tetap ‘hati-hati’ pada Marquez. 

Kalau kompetitif di Sachsenring, petanda M1-nya juga siap mengangarungi setengah musim ke depan. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Gaspol Sejak Awal, Rossi Waspada ‘Dendam’ Marquez

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Kondisi Fisik Rossi Meragukan?

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: 5 Kemenangan Beruntun, Modal Marquez Bantai Rossi dan Lorenzo

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Sirkuit Stop And Go, Ujian Sasis Dan Full SSG M1 Rossi

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Rossi vs Lorenzo, Menanti Ulangan Duel 2009

BAGIKAN