nhk

MotoGP 2015: Rossi Khatam Soal Mugello

ManiakMotor – Singkatnya, sirkuit Mugello di Italia sana, tutup mata pun Valentino Rossi akan tetap hapal racing line-nya. Entah itu racing line biasa sampai jalur rahasia menekuk lawan. Kira-kira begitu diceritakan para pengamat balap motor dunia terhadap Rossi dan Mugello. Sirkuit Mugello ini sudah akan digunakan sesi FP1 dan FP2 pada Jumat 29 Mei dalam rangka ronde keenam MotoGP.

Ya iyalah. Rossi orang Italia kok. Memang disebut penampilan perdananya di Mugello 1996, tapi kan di bawah tahun itu dia sudah sering mengaspal di Mugello dalam usahanya menjadi pembalap dunia seperti saat ini. “Tata letak dan desain Muggello sangat artistic untuk balap. Asyik lenggak-lenggoknya pada tikungan-tingan Mugello,” kata Rossi yang telah 7 kali menang di sana.

Boleh dikata penguasaan sirkuit Mugello dari Rossi sudah khatam. Kini saatnya buat The Doctor petik hasil di kampungnya sendiri. Kenapa begitu? Karena melihat performa M1 miliknya dalam lima ronde lalu. Di prediksi, para teknisinya tidak akan kesulitan membangun set-up, lantaran penguasaan Mugello dari Rossi.

Walau 7 kali juara di sini, namun sejak 7 tahun lalu Rossi tak pernah membawa hasil lagi di sirkuit yang pangjangnya 5.4 km itu. Apalagi Mugello dikenal treknya Yamaha dengan tikungan-tikungan cepatnya dari 15 tikungan. Tak peduli trek lurusnya mencapai 1.141 meter, tapi trek lurus Mugello nggak benar-benar lurus sampai ke tikungan pertama yang sangat teknik.

Para pengamat sih belum menceritakan penantang Rossi kali ini juga berjejer. Misalnya teman setimnya Jorge Lorenzo  yang sama-sama pakai M1 yang ternyata di trek Eropa asyik digeber. Dalam daftar pemenang di Mugello juga Lorenzo sudah empat kali alias tak kalah kenal dengan Mugello. Lalu ada Marc Marquez yang beban mentalnnya saat ini sedang dipertaruhkan dengan RC213V-nya, ia juara tahun lalu. Juga ada dua Ducati dari dua pembalap Italia yang jelas juga kenal Mugello, yakni Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2015 Mugello: Rossi Dan Lorenzo, Memang Enak Dipanasi

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Ancaman Dari Lorenzo, Buat Rossi dan Semuanya

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Runtuhnya Dominasi Honda, Tantangan Berat Marquez – Pedrosa

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Line Up Komplet Ducati, Mainkan 7 Unit Desmosedici

MotoGP 2015 Jelang Mugello: Rossi Janjikan Balapan Hebat Dan Menghibur, Pantang Salah Seting

BAGIKAN