nhk

MotoGP 2015: Rossi Merasa Tetap Muda, Bisa Sikat Marquez Musim Depan

 

ManiakMotor – Balapan lagi kosong, Valentino Rossi lebih banyak habiskan waktu di ranch miliknya di Tavuilla, Italia. Bermain, bercanda dan bernyanyi, ya siul-siul sikit juga ada. Pula sesekali bercumbu dengan Linda Marcelli, ceweknya. Indahnya hidup.

Namun lebih indah lagi yang banyak  dilakukan Rossi latihan fisik dan refleks di lingkungannya. Itu di dekat rumahnya sudah ada sirkuit dirt track sembari mengajak teman, penggemar dan anak didik berlatih bersama di situ. “Suasana bersama mereka membantu saya tetap merasa muda,” ucap The Doctor yang memang ingin mendedikasikan semua skill balap yang ia miliki untuk membina para pembalap muda Italia.

Di sekolahan balap itu kini berkumpul puluhan remaja. Sebagian sudah berkompetisi di ajang bergengsi macam Romano Fenati dan Fancesco Bagnaia yang musim ini jadi joki tim VR46 Moto3 milik Rossi. Ada juga Franco Morbidelli (Moto2), Niccolo Antonelli (Moto3), Andrea Migno (Moto3), Nicolò Bulega (CEV) dan Luca Marini (CEV) tang adalah adik tirinya sendiri.

“Sangat menyenangkan bermain dengan mereka. Jujur saja, justru di situ kami temukan teknik-teknik balap baru yang  kemudian saya coba di lintasan. Ini semua membantu merasa tetap muda dan juga membantu pengembangan ilmu balapan.”

Dan, bekal itu akan dibawa Rossi ke musim 2015 dengan target juara dunia. Syarat terpenting adalah menaklukkan Marc Marquez yang 14 tahun lebih muda. “Marc sangat bagus di area tikungan. Selain karena motornya bagus, ia punya cara yang sangat berbeda saat masuk dan keluar tikungan,” kata Rossi yang tentunya paham banget kalau skill yang berbeda itu didapat Marquez berkat latihan rutin di arena dirt track yang sebenarnya sama dengan dilakukannya saban waktu.

Dari situ ia merasa yakin menemukan teknik berbeda dan terutama siap secara fisik, mental, maupun semangat menyongsong 2015. Bekalnya gairah baru dengan sejumlah perkembangan 2014. Terutama kinerja teknisi di bawah kendali Silvano Galbusera. “Pak Galbu kini sudah punya pengalaman di MotoGP. Kami sudah punya data yang komplet. Tinggal sedikit masalah dengan grip ban saat berbelok. Itu kelemahan mendasar yang membuat saya banyak kehilangan waktu dibandingkan anak Honda,” lanjut Rossi.

Itu pula yang akan dibenahi pada testing pramusim 2015! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015: Lawan Pembalap Muda, Rossi Latihan Fisik 100 Km

MotoGP 2015: Petinggi Honda Membujuk, Stoner Ogah Melawan Marquez

MotoGP 2014: Dioprek Dall’Igna, 4 Bukti Ducati Makin Teruji

MotoGP 2015: Rossi dan Lorenzo Belum Terlalu Tua Untuk Kalahkan Marquez

BAGIKAN