nhk

MotoGP 2015: Rossi Pertajam Rear Wheel Steering Jelang Misano

ManiakMotor –Sering membawa mesin atau naik motor, skill dengan sendirinya meningkat. Seperti sampeyan saban hari naik bebek dan matik, lama-lama kan sudah feeling yang main. Bagi yang pemula pasti akan menuju mahir. Bagi yang mahir, mahirnya terpelihara.

Seperti yang dilakukan Valentino Rossi, walau dia sudah jago, tetap saja butuh latihan naik motor. Kendati yang dia naiki bukan M1 versi MotoGP yang ada jadwalnya baru boleh dipagang.  Rossi cukup pakai Yamaha YZ450F yang versi special engine. Rossi memainkan YZ450F di arena tanah yang model flat track atau dikenal dirt track.

Padahal, Rossi baru saja melakukan test dua hari di Aragon, Spanyol, eh empat hari kemudian atau Minggu 6 September dia sudah muncul di ranch miliknya di Tavuilla. Tentu saja muncul dengan melatih keterampilannya membelok dengan rear wheel steering, juga handling agar motor tetap nurut pada racing line dan pada saat bersamaam stamina juga diolah yang disebut olahraga fisik. Maklum tingkat kesulitannya tinggi mendiamkan motor di jalur tanah.

Ilmu duga-duganya, Rossi butuh naik SE karena trek Misano cenderung boleh dilibas dengan trik-trik dirt track. Misano yang ada 16 tikungan juga butuh fisik untuk membantu motor berubah arah. Sebagian besar pula tikungannya model lambat yang juga butuh pergerakan tubuh.

Lebih dari itu, Rossi memiliki waktu yang cukup melakukan latihan tanpa dia kelelahan. Maklum, lomba kali ini di dekat rumahnya di Tavuilla , jaraknya cuma  10 km dari Misano.  Waktunya tidak tersita oleh perjalanan yang melelahkan.

Tiada hari Rossi selalu cerita racing line. Buktinya,  habis dari dirt track, Rabu pada 9 September  malam dia kembali geber gokart. Lomba gokart ini dibikin untuk mengenang Marco Simoncelli, pembalap MotoGP dari Italia yang tewas di Sepang dan juga teman karib Rossi. Lomba ini diikuti joki  Moto3, Moto2 sampai MotoGP. Lomba di sirkuit Gokart Misano itu, Rossi kalah dari Lorenzo Baldazzarri joki Moto2 yang juga didikannya. Ito     

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Misano; Mantap Penguasaan Rossi Terhadap Sirkuit, M1-nya Mendukung

MotoGP 2015 Jelang Misano: Marquez dan Pedrosa Main Lepas, Merusak Rivalitas Rossi dan Lorenzo

MotoGP 2015 Jelang Misano: Amal YZR-R1 Rossi Untuk Anak-Anak, Muluskan Juara

MotoGP 2015 Jelang Misano: Berpotensi Bikin Rekor Baru, Marquez Kirim Peringatan Buat Joki Yamaha

MotoGP 2015 Jelang Misano: M1 Rossi Katanya Lebih Lelet Dari M1 Lorenzo, Menanti Head to Head    

BAGIKAN