nhk

MotoGP 2015 Sachsenring (Jelang FP1/2): Prediksi Rossi, Ban Depan Bisa Jadi Masalah

 

ManiakMotor – Valentino Rossi diprediksi mampu raih kemenangan ke-4 musim ini di Sirkuit Sachsenring, Minggu 12 Juli. Ia favorit kuat di bursa taruhan Eropa. Setelah itu baru Marc Marquez dan Jorge Lorenzo jadi unggulan.

Faktor utama mengedepankan The Doktor tak lain berkat penampilan hebatnya musim ini, terlebih dengan kemajuan M1. Itu motor kian jadi setelah dapat pasokan sasis baru di GP Belanda. Mentalitas bertarungnya tengah tinggi, catatan masa lalunya di Sachsenring juga bagus dengan bukti 6 kemenangan (4 di antaranya MotoGP).

Tapi sebaliknya dengan Rossi. Hal di atas hanya menolong menambah kepercayaan dirinya. Ia justru punya argumentasi tersendiri soal peluang juara di Sachsenring. “Karakter ban depan pasokan Bridgestone bisa jadi menjadi kunci meraih kemenangan, sebaliknya juga bisa jadi masalah besar. Disediakan pilihan ban asimetris di trek ini dan menarik menunggu seberapa besar pengaruhnya. Itu sih pendapat saya saja setelah banyak diskusi dengan pihak Bridgestone,” ucap Rossi dalam jumpa pers wajib bersama sejumlah rider MotoGP, termasuk Stefan Bradl padahal rider tuan rumah Jerman itu dipastikan tak ikut tarung lantaran cidera.

Ini kali kedua ban depan dipasok dengan tipe asimetris setelah ujian pertama di Philip Island, Australia, tahun lalu. Untuk Sachsenring yang dominan nikung kiri, maka sisi ban bagian kiri dibuat lebih keras dari sisi kanan. Maksudnya agar daya tahan ban lebih manjur dan aman menuntaskan durasi balapan selama 30 laps.

Apakah model asimetris ini menjadi pilihan atau tidak, tentu sangat bergantung pada strategi pembalap dan format set up masing-masing. “Di Philips Island banyak  yang pakai asimetris saat lomba dan mengeluh kesulitan. Apakah normal di Sachsenring, kita tunggu saja. Yang jelas,pilhan pada ban depan bisa menjadi penentu sukses atau tidak saat raceday,” tambah Rossi.

Doski juga tegaskan niat untuk makin kokohkan posisi di puncak klasemen. Caranya ya menang lagi atau minimal podium di depan Jorge Lorenzo sebagai pesaing uatama di klasemen sementara. “Usai GPJerman kompetisi libur sejenak. Saya ingin benar-benar menikmatinya karena berlibur itu jauh lebih mudah dari pada balapan,” canda The Doctor. 

Ya iyalah. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Suppo Belum Puas Tindakan Rossi Di Assen, Licik Katanya

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Aprilia dan Melandri Pecah Kongsi

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Bendung Rossi, Lorenzo Tak Pedulikan Teori

MotoGP 2015: Rossi Juga Sangat Siap Menghadapi Sachsenring

BAGIKAN