nhk

MotoGP 2015 Sachsenring (Jelang FP3/Q2): Rossi Tidak Buruk, Juga Tidak Fantastis

ManiakMotor – Yamaha memang harus kerja keras untuk meracik pengaturan M1 mereka di Sachsenring. Sirkuit ini jadi tantangan tersendiri untuk M1 dengan tipikal tikungan lambatnya. Seperti hari pertama pada Jumat pembalap andalannya Valentino Rossi hanya ke-7 dari akumulasi FP1 dan FP2.

Rossi sebenarnya sudah cemerlang di FP1 yang bisa kedua tercepat di bawah Marc Marquez dan mencetak 1;22,105. Sayang, di FP2 catatannya tidak berkembang dan malah lebih lambat dari FP1. “Suhu lintasan tiba-tiba panas. Agak sulit mengontrol motor, di sudut-sudut tertentu masih sering meluncur kurang terkendali,” alasan Rossi yang tetap tenang, karena baginya latihan hanyalah latihan.

Maksud Rossi ketika cuaca memanas di FP2, bisa jadi basis set-up motornya bukan untuk itu, karenanya sulit dikebut. Nggak ada cara lain selain harus masuk paddock berulang-ulang untuk disetel sesuai kondisi yang sama dengan sirkuit. Namanya juga latihan bebas kan, waktunya untuk untuk menyetel motor dan diri sendiri. Sebenarnya sih dari data suhu lintasan cuma 32oC dan suhu udara 17oC di FP2 tersebut.

Data cuaca itu adem-adem saja, namun naluri Rossi terganggu soal handling M1-nya yang kurang enak. Ya terutama   melintasii tikungan-tikungan yang banyak kiri dan banyak rem  dan akselerasi deras yang disebut tantangan M1 sebenarnya di Sachsenring, tadi. “Memang langkah hari pertama tidak terlalu buruk, tapi juga tidak fantastis. Masih ada waktu pada Sabtu untuk memperbaiki detil-detil kecil agar motor pas dengan sirkuit ini,” tambah Rossi yang sebelum ke Sachsenring berjanji sudah on sejak sesi awal untuk mengejar kualifikasi.

Walau begitu Rossi tetap memuji langkah-langkag mereka terutama dalam set-up ban. Katanya motornya tetap dapat grip kendati sudah menggunakan ban bekas yang sudah dipakai lebih dari 20 lap. “Sore di FP2 menggunakan ban asimetris depan, itu ban punya grip yang bagus dan konsisten saat dipakai 25 lap,” pungkas The Doctor yang mengaku akan kembali kerja keras menyusun set-up motornya pada Sabtu 11 Juli terutama di FP3 dan FP4.

Sekadar tahu juga di  Sachsenring ini Rossi pakai livery baru M1 walau perubahannya pada tulisan Movistar di atas nomor 46. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Sachsenring, Jerman, Moto2, Moto3, 10 – 12 Juli 2015

MotoGP 2015 Sachsenring FP2: Marquez Kembali Tercepat, Rossi Malah Ke-7

MotoGP 2015 Sachsenring FP1: Marquez Tecepat, Rossi Kedua

MotoGP 2015 Sachsenring: Marquez Kembali Sindir Rossi, Tetap Sebut-Sebut Assen

MotoGP 2015 Sachsenring: Suzuki Pakai Livery Kevin Schwantz 30 Tahun Lalu

BAGIKAN