nhk

MotoGP 2015 Sachsenring (Pasca Race): 9 Seri Sisa, Rossi Yakin Fight di 6 Sirkuit

  

ManiakMotor – Menjelang libur Valentino Rossi sudah mulai bikin hitung-hitungan memasuki paro kedua kompetisi di 9 sirkuit berbeda. Hanya di 3 sirkuit doski merasa Marc Marquez dan Jorge Lorenzo punya peluang lebih darinya.

Tiga sirkuit yang bisa jadi akan ‘dilepas’ The Doctor adalah Indianapolis (AS), Brno (Rep. Ceko), dan Silverstone (Inggris). “Di situ saya perkirakan Marc dan Jorge akan lebih kuat meskipun tahun lalu saya juga bagus di Indy. Brno bisa jadi berkata lain, akan kita lihat nanti karena setiap balapan selalu membawa perubahan. Walaupun perubahan kecil bisa saja berakibat besar,” ucap Rossi yang mengakui saat warm up di Sachsenring lalu sebenarnya bikin perubahan kecil pada motornya dan sifatnya berjudi untuk dipakai  balapan.

Nyatanya kemudian perubahan itu yang membuatnya mampu imbangi Dani Pedrosa yang punya tradisi bagus di Sachsenring. Ia tak jelaskan detil perubahan yang dilakukan. Tapi, ada contoh perubahan kecil yang dibuat saat warm up dan kemudian bawa perubahan besar saat balapan, yakni di GP Qatar. Saat itu Kepala Mekanik Silvano Galbusera mendadak ada yang diganti pada motor The Doctor dan ternyata kemudian membawa The Doctor jadi juara.

Detil-detil kecil semacam itu, kata Rossi, bisa terjadi di setiap pekan balapan. Namun, secara umum ia menilai M1 miliknya akan kuat dalam enam sirkuit berbeda dalam sisa ronde musim 2015. “Tahun lalu saya tampil bagus di paro kedua, sepertinya tahun ini bisa lebih bagus karena  M1 sudah alami perkembangan yang besar sejak awal musim,” tambah Rossi sudah berhitung bakalbisa fight merebut kemenangan di enam sirkuit lainnya, terutama di Misano dan Aragon.

Modal penting Rossi lainnya memasuki paruh kedua adalah kepercayaan diri yang tinggidan motivasi besar untuk pertahankan klasemen yang ia kuasai sejak seri pemuka GP Qatar. Unggul 65 poin dari musuh besar Marquez memang masih bisa dikejar secara matematika, tapi kekhawatiran terbesar The Doctor adalah Lorenzo yang memepetnya dengan selisih 13 poin.

Intinya, dari hitung-hitungan teknis di 9 sirkuit mendatang, Il Dottore yakin bisa meraih jurdun musimini sekaligus gelar ke-10 sepanjang karirnya. Kalau soal nonteknis, jatuh dan cidera misalnya, ceritanya tentu lain lagi. Jadi, mari tunggu saja seberapa tepat cara berhitung The Doctor. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Sachsenring (Pasca Race): Tes di Misano, Marquez Ingin Lebih Kencang Lagi

MotoGP 2015 Sachsenring (Pasca Race): Dihajar Rossi 4,3 Detik, Lorenzo Bilang Mimpi Buruk

MotoGP 2015 Sachsenring (Pasca Race): Bantu Singkirkan Lorenzo, Rossi Terima Kasih Kepada Pedrosa

MotoGP 2015 Sachsenring Pasca Race: Marquez Kebetulan Sirkuitnya Cocok Dengan Dirinya Dan Honda

MotoGP 2015 Sachsenring (Race): Honda 1 – 2, Rossi Hanya Ketiga

BAGIKAN