nhk

MotoGP 2015 Sachsenring Pasca Race: Marquez Kebetulan Sirkuitnya Cocok Dengan Dirinya Dan Honda

 

ManiakMotor – Sebelum dibicarakan oleh Marc Marquez telah diulas di portal ini berulang-ulang. Sirkuit Sachsenring di Jerman yang dipakai ronde 9 pada Ahad 12 Juli, klop dengan  riding style Marquez dan cocok dengan spek Honda RC213V. Soal motor dipertegas oleh Dani Pedrosa yang kedua dan sulit dikejar lawan di sirkuit yang pendek dan butuh torsi kuat itu.

Tipikal sirkuit sperti ini akan kembali dijumpai pada ronde 10 di Indianapolis, Amrik, usai libur panjang. “Sachsenring selalu baik buat saya dan Honda. Hasil di sirkuit ini seperti membayar masa sulit di seri-seri terdahulu,” jelas Marquez dengan senyum kemenangan yang di papan klasemen tetap ke-4 tapi poinnya sudah 114 atau tertinggal 65 poin dari Valentino Rossi yang memimpin klasemen. Lumayan memangkas 9 poin dari seri sebelumnya.

Yang dimaksud cocok dengan dirinya, karena setiap saat motor menikung dalam kecepatan rendah untuk ukuran MotoGP. Bayangkan panjang sirkuit hanya 3.7 km, itu pun sudah terpotong trek lurus 700 meter. Lalu dibagi 13 tikungan. Butuh gerakan tubuh agresif untuk memasukan motor di area sempit. Ya sudah, jurus gelantungan si Marquez kembali muncul di sana.

Semakin gelantungan karena didukung motor  yang mau diajak gelantungan. Motornya memang sejak awal unggul masuk dan keluar tikungan Sachsenring. Mantap berakselerasi di gigi-gigi rendah keluar dari mulut tikungan.  Grip dan tenaga dapat terus, ya makin bikin bergelantungan si Marquez. “Sebenarnya motor sudah enak sejak dari Assen. Di Sachsenring tinggal melanjutkan set-upnya,” tambah si Marquez.

Tapi, Marquez masih mewanti penggemar dan timnya. Boleh ia unggul di sirkuit macam Sachsenring dan sepertinya seri Sachsenring ‘dilepas’ lawannya. Menurut Marquez lawannya di bagian-bagian tertentu sangat kencang.  “Mereka (Yamaha) dalam beberapa aspek sangat kuat. Saya kan sempat menguntit Jorge (Lorenzo). Makanya tetap harus bekerja keras,” pungkas Marquez yang akan mengetes motornya untuk mengejar lawan di Misano dalam waktu dekat ini. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

Hasil MotoGP Sachsenring, Jerman, Moto2, Moto3, 10 – 12 Juli 2015

MotoGP 2015 Sachsenring (Pasca Race): Bantu Singkirkan Lorenzo, Rossi Terima Kasih Kepada Pedrosa

MotoGP 2015 Sachsenring (Race): Honda 1 – 2, Rossi Hanya Ketiga

MotoGP 2015 Sachsenring Warm Up: Marquez Yang Cepat, Rossi Ke-4

MotoGP 2015 Sachsenring (Jelang Race): Peran Apa Yang Akan Dimainkan Pedrosa?

BAGIKAN