nhk

MotoGP 2015 Sachsenring: Suzuki Pakai Livery Kevin Schwantz 30 Tahun Lalu

ManiakMotor – Aleix Espargaró dan Maverick Viñales akan berlomba dengan livery khusus di GP Jerman. Corak biru-putih yang lebih segar pada Suzuki GSX-RR sudah kelihatan Jumat 10 Juli 2015 pada penampilan FP1 dan FP2 di sirkuit Sachsenring.

Warna terbut sebenarnya untuk mengenang sepak terjang Kevin Schwantz di era 80-an. Schwantz pernah membawa Suzuki juara GP500. Tapi, selain di GP500 yang sekarang MotoGP, joki Amerika itu aktif juga di balap lainnya. Termasuk ikut mempopulerkan Suzuki GSX-R pada 1985.  Motor ini, saat itu digunakan Schwantz di Suzuka 8 Hour. Diklaim GSX-R tenar untuk jalanan dan balapan. Dari motor ini kemajuan teknologi dan inovasi styling Suzuki sampai saat ini atau 30 tahun lalu.

Satoru Terada, pimpinan proyek  Suzuki Ecstar MotoGP juga punya cerita. Katanya pengembangan MotoGP saat ini, juga tak lepas untuk versi jalan raya. “GSX-RR untuk menjaga  hubungan yang sangat kuat dengan GSX-R.  Inovasi untuk jalan raya selalu diuji dari balap. Itu sudah menjadi tradisi dan warisan Suzuki. Makanya selalu dikenang seperti livery ini,”  tegas Satoru yang bukan orang Tapanuli. Ohhhh kalau itu Sitorus, maaf ya yang Sitorus.

Aleix Espargaro juga kasih komentar, kendati dalam hati Aliex yang saat ini dibutuhkan adalah power besar dari GSX-RR, bukan livery. Toh sebagai pembalap yang dikontrak dia harus puji-puji dong. “Bangga jadi bagian dari proyek emosional dan ambisius. Sekarang saya memiliki kesempatan memakai warna yang membuat merek Suzuki terkenal di seluruh dunia. Tema putih-biru mengingatkan banyak keberhasilan dari masa lalu,” kata Aleix yang kembali membdidik single lap di Jerman.

 Viñales sama saja. Malah dengan dengan livery baru, dia merasa sebagai seorang juara. “Ke depan semoga jadi kenyataan, karena di masa lalu Suzuki begitu terkenal.  Nama mesin yang saya gunakan  telah menjadi ikon nyata di dunia balap.”

Kalau di Indonesia di masa itu ada Suzuki RGR150 yang catnya seperti itu walau nongolnya baru awal 90-an. Ito 

BACA JUGA

MotoGP 2015 Sachsenring Jelang FP1/FP2: Cara Mengendara Marquez Masih Dibela Suppo

MotoGP 2015 Sachsenring (Jelang FP1/2): Prediksi Rossi, Ban Depan Bisa Jadi Masalah

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Suppo Belum Puas Tindakan Rossi Di Assen, Licik Katanya

MotoGP 2015 Jelang Sachsenring: Aprilia dan Melandri Pecah Kongsi

BAGIKAN