nhk

MotoGP 2015: Sasis Dan Elektronik Suzuki Pengembangan Selanjutnya

ManiakMotor – Power pada mesin bukanlah persoalan Suzuki Di MotoGP. Itu kata Devide Brivio pimpinan proyek Suzuki ke MotoGP 2015. Sikit beda dengan tuntan Aleix Espargaro saat pertama kali pegang GSX-RR di test Valencia, Oktober lalu. Saat itu Aleix minta segera menaikkan tenaganya.

Tapi Brivio punya analisa lain, power yang tersedia belum sesuai rangka dan elektronik. Rangka belum mampu meneruskan power yang tersedia. Jadi berpengaruh pada manuvernya. Buktinya Suzuki akan menurunkan power saat test Sepang pada Febrari 2015  agar pas dengan rangka.

Bukti kedua, engine blow-up alias ngebul alias rusak dan jebol, juga karena kebesaran tenaga. Mesin rusak ini terjadi pada seri terakhir di Valencia saat dikebut Rendy de Puniet. Lalu terulang lagi di tangan Maverick Vinales ketika test di Valencia. “Dengan rusaknya mesin ini kami punya masukan berharga, terutaman soal over power,” kata Brivio sembari ngomong soal daya tahan sudah diuji dari pabriknya.

Mungkin yang dirasa kurang bertenaga oleh Aleix soal koneksi elektronik mesin terhadap girboks. Itu dia perangkat  yang mengatur traksi kontrolnya. Bagian yang memang hubungannya langsung dengan power dengan traksi. “Elektronik ini yang akan jadi fokus diperbaiki di Sepang, setelah hasil test dari Valencia dan Jerez,” tambah Brivio.  

Toh rata-ratanya Suzuki lewat Brivio mengaku puas dengan penampilan perdana kembali ke MotoGP. Time Aleix pada dua tes Valencia dan Jerez terbilang waw untuk pendatang baru. Hanya kalah sedetik dari pembalap tercepat, bukti Aleix punya potensi bersama Suzuki.

Aleix telah meberi masukan-masukan baru yang saat ini tengah diolah para insinyur Suzuki. “Aleix baru berusia 25 tahun tapi pengalamannya banyak. Ia akan berperan besar pada  pengembangan. Sedang Maverick rider muda yang bertalenta. Mereka kombinasi ideal. Mereka penuh senyum sepanjang tes dan itu pertanda segala sesuatunya berjalan seperti harapan,” papar Brivio yang mantan petinggi tim Yamaha itu.

Amin pak. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015: Lorenzo Gencarkan Perang Mental Versus Marquez

MotoGP 2015: Semangat Baru Iannone Dengan Status dan Mekanik Baru

MotoGP 2014: Rossi Runner-Up Rally Monza, 2,5 Bulan Tak Sentuh M1

MotoGP 2014: Sekelas Melandri Perlu Adaptasi, Sentimen Sesama Pabrikan Italia

 

 

BAGIKAN