nhk

MotoGP 2015 Sepang (Jelang Race): Rossi Menang Telak Atas Lorenzo, 76% Versus 24%

ManiakMotor – Sukses Valentino Rossi menekuk Jorge Lorenzo di sesi Q2 sontak melambungkan dukungan buat The Doctor menjadi jurdun 2015. Ia lebih favorit jadi jurdun tahun ini.

Lewat Facebook dan Twitter, motogp.com mengajak pembacanya untuk memilih favorit jurdun 2015. Judulnya Forza Vale vs Vamos Jorge.  Hasilnya, sampai tulisan ini dibuat usai Q2, The Doctor dipercaya 76% pembaca untuk jurdun. Yang pilih Lorenzo  hanya 24%.

Sampeyan bisa saja bilang, ah itu kebetulan saja pendukungnya Rossi yang lebih dominan karena memang fansnya segudang dan nyebar di seluruh bumi. Tapi, dari kacamata balapan, yang terjadi di Sepang pada Sabtu 24 Oktober ini mengindikasikan beberapa hal penting.

Yang pertama adalah kepercayaan diri Rossi yang sangat tinggi, mulai sesi FP4 hingga Q2. Sedikit demi sedikit ia gedar-gedor mental lawan, lewat perang urat syaraf melalui Marc Marquez kemarin maupun aksi di lapangan saat FP4. Di Q2 juga misalnya, ia sukses mendepak Lorenzo dari 3 Besar di detik-detik terakhir.

Lorenzo yang sempat jatuh di FP4, tentu saja down dengan penggusuran itu. Terlebih saat ’dipermalukan’ karena dilarang masuk parc ferme usai Q2. Rupanya, JL masih merasa saat itu 3 Besar dan tak tahu kalau ia disikat Rossi di detik terakhir. Ia disoraki fans Rossi, dan sebaliknya itu fans bergemuruh saat VR46 masuk area parc ferme.

Sayang, JL belum komentar soal itu. Masih capek dia! “Sangat penting besok memulai balapan di depan Jorge. Bukan hal mudah mempertahankannya di balapan, tapi saya siap mengerahkan seluruh yang saya bisa. Start dari depan adalah modal awal, kendati di Sepang adalah sirkuit yang sulit dengan karakter panasnya,” tegas Rossi yang punya target finish di depan JL.

Rossi memang tak perlu repot mengejar dua Honda di depannya, yang penting tetap jaga posisi di depan JL. Jika bisa dipertahankan maka keunggulan 11 poin saat ini akan bertambah dan jadi bekali istimewa masuk Valencia.

Oh iya Bro, buat yang suka utak-atik angka, silakan simak pula fakta ini. Unggul 11 poin, di Q2 Rossi juga ungguli JL dengan gap 0,011 detik. Ini kali ke-2 musim ini Rossi bisa start di depan JL, setelah yang pertama di Assen. Saat di Assen itu The Doctor pun juara, dan macam mana di Sepang yang tak menuntutnya jadi juara? Satu lagi, akankah angka dukungan 76% itu bertambah atau berkurang sepanjang malam nanti? Tunggu yuuuuuk! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Sepang, Malaysia, Moto2, Moto3, 23 – 25 Oktober 2015

MotoGP 2015 Sepang Malaysia (Q2): Pedrosa Pole Position, Marquez Menyusul, Rossi Front Row

MotoGP 2015 Sepang FP4: Pedrosa Tercepat, Rossi ‘Menggerutu’ Tindakan Marquez

MotoGP 2015 Sepang (Jelang Race): Duel Philip Island Bisa Terulang, Marquez Tak Pedulikan Omelan Rossi

MotoGP 2015 Sepang (FP3): Lorenzo Tercepat Pencahin Rekor, Ditempel Marc, DP Dan Rossi

BAGIKAN