nhk

MotoGP 2015 Sepang (Jelang Race): Towing di Q2, Isu Marquez Bantu Lorenzo Kembali Mencuat

ManiakMotor – Jelang raceday Minggu 25 Oktober, tensi persaingan di kelas para raja kembali diramaikan isu ‘kongkalikong’ antara Marc Marquez dengan Jorge Lorenzo. Bukan sekadar isu, tapi ditopang fakta di lintasan.

Di antara anggota The Fantastic Four hanya Dani Pedrosa yang pakai strategi 2 kali run di sesi Q2, sementara Marc Marquez, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo pakai 3 kali run alias dua kali pitstop dengan ganti ban segar.

Fakta pertama, saat timing perdana, Marquez melaju di depan namun persis dibelakangnya ada Lorenzo yang jelas ingin manfaatkan slipstream di buntut Si Marquez. Bersama JL, ada pula Andrea Iannone dan Alex Espargaro. Formasiitu tak berubah dalam satu lap utuh.

Fakta kedua, JL pada kesempatan itu mencetak waktu 1:59,737 dan itulah best time-nya di sesi Q2. Dua kesempatan timing berikutnya, masing-masing 2:00,245 dan 1:59,941. Marquez sendiri pada lap perdana itu mencetak 1:59,682. Kesimpulannya, JL memang sengaja ingin ditarik oleh MM dan MM membiarkannya. Setidaknya begitulah ulasan para wartawan di Sepang.

Marquez tentu saja membantah dan mengaku hal itu sulit dihindari meski ia sudah berusaha. “Saya tahu ada Jorge persis di belakang bersama beberapa pembalap lainnya. Saya tak ingin berikan slipstream buat mereka. Saya sudah kendurkan kecepatan di Tikungan 5 dan 6, namun mereka tetap mengikuti,” kata Marquez.

Lorenzo sendiri tak mengungkit isu tersebut. Lewat rilis tim Yamaha, ia menyebut problem pengereman membuatnya kesulitan di sesi kualifikasi. Di beberapa tikungan ia kehilangan momentum karena tak bisa ngerem dengan efektif dan berpengaruh saat akselerasi keluar tikungan. “Rem menjadi faktor utama, tapi jika itu bisa dibenahi maka saya yakin bisa bersaing saat balapan,” kata JL.

Lihat saja lomba deh. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Sepang (Jelang Race): Dukungan Naik 1%, Rossi Harap Kompetisi Fair

MotoGP 2015 Sepang (Jelang Race): Tugas Pertama Rossi, Waspadai dan Redam Lorenzo Sejak Start

Hasil MotoGP Sepang, Malaysia, Moto2, Moto3, 23 – 25 Oktober 2015

MotoGP 2015 Sepang (Jelang Race): Pedrosa Bangkit, Marquez Tak Nyaman

MotoGP 2015 Sepang (Jelang Race): Rossi Menang Telak Atas Lorenzo, 76% Versus 24%

MotoGP 2015 Sepang Malaysia (Q2): Pedrosa Pole Position, Marquez Menyusul, Rossi Front Row

MotoGP 2015 Sepang FP4: Pedrosa Tercepat, Rossi ‘Menggerutu’ Tindakan Marquez

BAGIKAN