nhk

MotoGP 2015 Sepang (Jelang Race): Tugas Pertama Rossi, Waspadai dan Redam Lorenzo Sejak Start

ManiakMotor – Sampeyan saja tahu  kalau Jorge Lorenzo itu jagonya di garis start. Feeling sudah teruji membaca lampu start. Aapalagi Valentino Rossi yang langsung merasakannya. So, sebelum adu skill  menjalankan strategi sepanjang 20 laps, hal pertama dan utama dari Rossi antisipasi pergerakan Lorenzo di garis start.

Bukan mengajari Rossi yang berjuluk Il Dottore alias The Doctor, tapi ia sendiri lho yang bilang begitu. “Start baris depan selalu penting, tapi kali ini lebih penting karena saya ada di depan Jorge. Ia pembalap terhebat di garis start saat ini dan juga cepat di lintasan. Sudah pasti ia akan berusaha menyalipku secepat mungkin,” ujar Rossi yang tentunya sudah menyiapkan strategi start untuk menangkalnya.

Besar kemungkinan keduanya akan langsung head on menuju tikungan pertama, R2 dan seterusnya. Keduanya pasti saling intip dan tak akan peduli dengan Dani Pedrosa dan Marc Marquez di posisi start terdepan. Dalam benak Rossi hanya ada Lorenzo. Begitu pun di benak Lorenzo, melulu Rossi.

“Situasi saat ini punya tekanan mental tersendiri. Apa saja mungkin terjadi sejak start hingga finish. Saya kalahkan Jorge di Q2, tapi untuk mengalahkannya saat race tentu punya kesulitan dan tantangan berbeda. Namun, saya siap dan akan menikmati balapannya,” tandas Rossi yang merasa bahagia karena pada sesi FP4 dan Q2 sudah menemukan formula seting yang menjadikan M1-nya kompetitif dan setara dengan M1 Lorenzo, hanya beda 0,011 detik di kualifikasi.

Ia menolak bicara panjang soal kemungkinan mendapuk jurdun 2015 bila finish di depan Lorenzo dengan selisih 15 angka sehingga masuk Valencia dengan keunggulan 26 poin. “Sama sekali tak berharap demikian, itu sangat sulit diwujudkan.  Saya kira penentuan gelar akan sampai di Valencia dan di sanalah nanti baru berpikir keras pada malam sebelum lomba. Bukan sekarang berharap raih titel.”

Tapi, kalau itu nanti terjadi, ya nasib namanya. Rossi dan Lorenzo bilang apa saja bisa terjadi di balapan. Kondisi alam Sepang, misalnya, bisa saja tak terduga dan berubah dengan cepat macam sesi terakhir saat kualifikasi Moto2, hujan rintik-rintik tuh. “Kita tunggu saja apa yang akan terjadi,” tandas Kang Rossi.

Nuhun Kang. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Sepang (Jelang Race): Dukungan Naik 1%, Rossi Harap Kompetisi Fair

Hasil MotoGP Sepang, Malaysia, Moto2, Moto3, 23 – 25 Oktober 2015

MotoGP 2015 Sepang (Jelang Race): Towing di Q2, Isu Marquez Bantu Lorenzo Kembali Mencuat

MotoGP 2015 Sepang (Jelang Race): Pedrosa Bangkit, Marquez Tak Nyaman

MotoGP 2015 Sepang (Jelang Race): Rossi Menang Telak Atas Lorenzo, 76% Versus 24%

MotoGP 2015 Sepang Malaysia (Q2): Pedrosa Pole Position, Marquez Menyusul, Rossi Front Row

BAGIKAN