nhk

MotoGP 2015 Sepang (Pasca Race): Kasus Marquez Vs Rossi, Panitia Tidak Peka, Tuli Dan Buta..!

 

ManiakMotor – Bila para pengambil keputusan atau pantia macam Race Direction, FIM dan Dorna peka, kasus Valentino Rossi dan Marc Marquez bisa diantisipasi di Sepang, Malaysia dalam rangka ronde 17 MotoGP. Sayang mereka tuli dan buta pada bibit situasi yang jadi pemicu insiden. 

Itu dikatakan portal ini alias maniakmotor.com. Ya kan, portal ini ikut nonton dan mengamati setiap detil soal MotoGP. Pernyataan Rossi usai jumpa pers pada Kamis 22 Oktober di Sepang, seharusnya langsung ditangani. Rossi saat itu sudah memberi jumpa pers tersendiri soal  analisanya pada race Philip Island yang janggal.

Rossi menuding Marquez sengaja menahannya untuk mendekati Jorge Lorenzo.  Hal ini diulangi lagi oleh Rossi sebelum sesi warm up untuk bermain fair play. Pernyataan Rossi kan bisa jadi pegangan panitia untuk meredamnya. Rossi paling senior di MotoGP, loh. Tahulah dia mana yang membalap sungguh-sungguh dan mana yang membalap main-main bertujuan beda. Apalagi dugaan Rossi ada penguatnya dari Andrea Iannone yang terlibat duel dengan mereka di Australia.  

Tapi sayang, panitia mendiamkannya, buta dan tuli itu. Kan seharusnya dipanggil untuk diselidiki lebih dalam agar tidak terjadi lanjutannya. Apalagi ada isu konspirasi kerjasama antara Lorenzo dan Marquez? Hasilnya saat race di Sepang, terlihat jelas Marquez seolah memperlambatkan motornya yang boleh diselidik dari waktu rata-rata pada timing system. Lorenzo melewatinya pun, dia tak bereaksi banyak, walau alasan Marquez katanya bannya belum panas untuk kejar JL.

Tapi ketika Rossi, wah rame  kaleee, lae. Sepertinya, Marquez membalap hanya menarget Rossi. Itu komentator TV yang namanya Nick Harris bilang, “Permainan seperti ini sudah tak wajar. Ini sudah menjurus personal,” kata Harris sembari bercanda ala komentator sebelum kasus kaki kiri Rossi lepas dari foot step pada lap ke-7 yang bukan menandang, itu kata Rossi loh.   

Pernyataan Race Director Mike Webb  yang membawahi tim race direction juga hanya berpandangan pada kasus Sepang. Tak ada penjelasan nape kasus sampai memuncak.  Katanya, “Kesalahan ada pada Rossi karena menggiring Marquez keluar dari racing line yang diakhiri gerakan kaki kiri Valentino. Itu yang bikin Marc jatuh,” kata Webb yang akhirnya memberi penalti point 3 angka buat Rossi yang kalau diakumulasi jadi 4 point karena sebelumnya sudah dapat satu. Itu yang bikin Rossi start dari belakang di GP Valencia. 

Artinya, tak ada tuh cerita kecurigaan Rossi sejak awal jadi pertimbangan, ya nggak peka. Nggak utuh melihat kasusnya???? Tapi dengar-dengar Race Direction kembali memanggil Marquez dan Lorenzo soal kecurigaan konspirasi. Tunggu saja lanjutannya, walau sebenarnya sudah terlambat. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2015 Sepang (Pasca Race): Banding Yamaha Ditolak, Rossi Kecewa, Lorenzo Hormati Keputusan

MotoGP 2015 Sepang (Pasca Race): Hukuman Rossi Berat, Marquez Bebas, Itu Penjelasan Race Direction

MotoGP 2015 Sepang (Jelang FP1,FP2,FP3,Q2): Rossi Marah Pada Marquez, Sengaja Untungkan Lorenzo, Meragukan Idola

MotoGP 2015 Sepang (Jelang Race): Dukungan Naik 1%, Rossi Harap Kompetisi Fair

MotoGP 2015 Sepang (Race): Pedrosa Juara, Rossi Marah Diganggu Marquez, MM Sekalian Disentil Jatuh

BAGIKAN