nhk

MotoGP 2015 Silverstone (Jelang FP1&2): Riding Style Menjadi Kunci Persaingan Rossi Vs Lorenzo

 

 

ManiakMotor – Sejak 2010 tak pernah lagi dua Yamaha bertarung di level kejuaraan dunia. Baru didapat lagi musim ini lewat pemain lama Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Bertarung dengan spek motor yang sama, penentu adalah pembalapnya untuk set-up motor di tempat. Kali ini jitu-jituan menyetel untuk Silverstone di Inggris, sirkuit yang menghamparkan jalur-jalur cepat.

Penentu selanjutnya tentu saja mental. Tapi biasanya, mental akan muncul bila settingan motor ketemu. Mental berdiri sendiri, ya bisa saja. Begitulah yang diasakan Rossi dan Lorenzo menghadapi bentrok keduanya di atas M1 di Silverstone dan selanjutnya sisa 6 seri.

“Situasi ini bagus buat saya, Valentino, dan Yamaha. Sudah lama kami tak hadapi situasi begini. Dengan spek motor yang sama, sukses antara saya dengan Valentino tak lagi ditentukan teknologi motor, tapi oleh rider-nya sendiri. Lepas dari faktor sial atau bernasib bagus, jika Anda lebih bagus dari rival maka Anda yang menang. Bukan motor yang jadi penentu, tapi lebih dipengaruhi oleh riding style masing-masing,” kata Lorenzo.

Karena itu, katanya, dua kemenangan di Silverstone dan lima kemenangan musim ini sama sekali tak bisa jadi jaminan kalau ia akan raih kemenangan berikutnya di Silverstone. Ia memang diunggulkan, namun sekali Rossi menemukan setingan bagus di motornya, maka segala sesuatunya akan kembali pada mental. Kalau skill keduanya sudah jamianan lah.

Hal senada diakui Rossi yang menyebut motornya sama garangnya dengan milik Lorenzo. Masalahnya hanyalah tim teknis yang belum menemukan setingan sebaik M1-nya Lorenzo. Set up itu tentu juga dipengaruhi oleh riding style-nya, meskipun Rossi sudah mencoba dengan ubah gaya di atas motor.

“Saya bisa mengalahkan Jorge jika kami dapatkan set up mumpuni. Itu yang harus kami lakukan sejak sesi latihan. Untuk dapatkan kecepatan setara Jorge di sesi Q2 dan balapan. Jadi, yang paling penting saat ini adalah membangun motor sedekat mungkin dengannya. Jika dapat maka persaingan kami akan berlangsung hebat di lintasan,” ucap The Doctor.

Benar kan. Sekadar info free practice 1 akan berlangsung pukul 15.55 – 16.40 dan FP2 pada 20.05 – 20.55 waktu Jakarta pada Jumat 28 Agustus 2015.  Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Silverstone (Jelang FP1&2): Rossi Merasa Musim Ini Perjuangan Paling Keras Meraih Titel

MotoGP 2015 Silverstone (Jelang FP1&2): Fokus Pada Perang Segi Tiga Rossi – Lorenzo – Marquez

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Nobar di IIMS, Nikmati Gentingnya Laga Rossi – Lorenzo

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Tunggu Saatnya Rossi – Lorenzo Saling Terkam

MotoGP 2015 Jelang Silverstone: Lorenzo dan Marquez Diunggulkan, Rossi Cuek dan Tenang Ke Inggris

 

BAGIKAN