nhk

MotoGP 2015 Silverstone (Pasca Race): Tarian Rossi Di Wet Race

 

ManiakMotor – Lumayanlah analisanya soal perubahan cepat set-up M1 Valentino Rossi di sesi warm up. Kendati mengaku kurang data untuk bermain basah, tapi hujan sejak pagi di Silverstone, Inggris pada Ahad 30 Agustus, membuat pasukan Rossi memiliki kesempatan memasak set-upnya. Sekaligus dicoba di sesi pemanasan yang bikin Rossi tercepat.

Rossi sendiri bingung antara berdoa terus hujan atau kembali memohon kering. Kalau kering kesulitan juga saat mengintip Marc Marquez dengan RC123V-nya macam angin. Lalu musuh utama setim Jorge Lorenzo dengan M1-nya juga kilat di Silverstone. Belum lagi mikirin Dani Pedrosa yang Q2 ke-3. “Sejak bangun pagi saya sudah disambut hujan.  Ini kabar buruk atau baik. Dalam semusim ini, tak ada data untuk wet race. Di luar kondisi itu, sejujurnya, perasaan segar menyambut pagi ini,” papar Rossi yang  di Silverstone jadi rain master.

Rossi pun mengesampingkan persiapan M1 akan didorong lebih cepat untuk kondisi kering di sesi warm up macam rencana sehari sebelumnya. Lha wong, hujan bro. Wwarm up digunakan simulasi untuk balapan basah. Eh berhasil-berhasil  dengan dia tercepat itu. Intinya motornya mampu menyingkirkan lapisa air terhadap aspal agar tak mengapung saat dapat power. Kalau terapung ya kehilang grip bro.

Karena itu, “Sempat khawatir ketika mau start malah pakai ban slick. Untung hujan turun lebih banyak dan harus ganti ban basah,” tambah Rossi yang artinya setingan dari warm up bisa ia gunakan saat lomba. Lomba sendiri ditunda 25 menit karena hujan mendadak yang membuat para peserta kembali ke paddock. Mundurnya lomba ini membuat pasukan Rossi punya kesempatan mengembalikan set-up  wet race yang ditemukan saat warm-up. Udah gitu naik M1 utama. Maka dia bisa menari-nari pada 18 tikungan Silverstone kala basah.

Saat lomba menurut Rossi dia sudah sangat tenang saat melihat kodisi hujan yang nggak terlalu besar tapi awet. Perasaannya positif akan kemampuan motor dan dirinya. Dia tahu akan kompetitif lantaran sudah dicoba dari sesi pemanasan. “Yang jadi perjuangan karena Marc kuat menempel . Kembali tenang ketika melihat layar lebar Marc jatuh. Bunyi motornya juga menghilang. Ya santai!” lanjut Rossi yang menyusun strategi duel di lap akhir dengan Marquez andai dia nggak jatuh.

Dalam keadaan santai Danilo Petrucci ternyata bisa mendekatinya. Ya sudah – kata Rossi – kembali dia konsentrasi untuk mendorong lebih cepat. Hasilnya juara kan. Kalau sudah juara pasti pembalapnya akan sebut  i’m very happy.  Makin senang karena Rossi kembali memimpin klasemen meninggalkan Lorenzo 12 angka dan Marquez 77 poin. Soal totalnya klik link klasemen di bawah. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

Hasil MotoGP Moto2, Moto3 Silverstone, Inggris 28 – 30 Agustus 2015

MotoGP 2015 Silverstone (Race): Rossi Juara Disusul Petrucci, Persis Warm Up Yang Basah

MotoGP 2015 Silverstone Inggris (Race): Benar! Rossi Juara Hujan, Marquez Jatuh Hancur Hatinya

MotoGP 2015 Silverstone (Warm UP): Rossi Tercepat Pemanasan

MotoGP 2015 Silverstone (Pasca Race): Super Rossi, Memang Pembalap Penghibur

       

BAGIKAN