nhk

MotoGP 2015: SSG (Girboks) Temuan Rossi, Mempercepat 2 Detik Saat Balapan

ManiakMotor – Namanya seamless shift gearbox (SSG) atau reduksi sama sekali tak ada jeda, patennya ada di F1. Girboks yang pinionnya terus berputar walau terjadi proses pindah gigi itu, di MotoGP yang sudah khatam adalah Honda lewat Shuhei Nakamoto. Nakamoto kebetulan mantan teknisi Honda di F1.

Jadi yang disebut SSG temuan Valentino Rossi adanya di Yamaha. Itu pun atas analisa Rossi yang begitu mulusnya Marc Marquez masuk tikungan. Kecepatan Marquez tanpa terganggu, walau sedang melakukan pindah-pindah persneling ke gigi rendah. “Di situlah kelemahan M1 dibanding motor Marquez.  Saya minta Yamaha untuk memperbaiki SSG sama mulusnya dengan Honda saat turun gigi,” rengek Rossi pada September 2014!

Padahal sesuai ilmu kira-kira, karena tak disebutkan Rossi, Marquez yang saat ini berada di Bali, masuk tikungan sangat tajam. Cara masuknya pun kadang tidak ‘beraturan’, namun motornya bisa dikontrolnya. Wah kalau itu sih skill bos, bukan motor. Maksudnya, putaran roda belakangnya tidak terganggu ‘putusnya‘  tenaga akibat perbedaan rasio gigi yang pasti terjadi  saat pindah ke gigi rendah.

Permintaan Rossi ini diklaim Yamaha Racing sudah rampung di markas Yamaha Racing di Jepang. Kendati baru diuji atau ditest Sepang1 pada 4 – 7 Februari 2015. Tapi mereka yakin SSG Yamaha versi turun gigi akan mengejar selisih 2 detik dengan Honda dalam mengarungi balapan sampai finish.

Posisi 2 detik ini disimulasi saat motor Marquez dan Rossi sama-sama segar. Tentu di trek-trek yang banyak memainkan gigi rendah atau sirkuit yang syarat tikungan. Disebutkan sih ada di delapan sirkuit  selisih  seperti itu. “Kami yakin akan hal itu, bahkan bisa melampui 2 detik, karena yang  bisa diatasi sekalian pengereman dan downshifting (turun gigi),” jelas Koichi Tsuji, pimpinan proyek teknik Yamaha Racing MotoGP.

Dilihat sepanjang 2014 dalam hal akselerasi M1 dan RC213V sama-sama berotot. Yang membedakan saat masuk tikungan. Yang disebut masuk tikungan memang terjadi pengereman dan pasti turun gigi, macam yang dikeluhkan Rossi itu. Tapi harap diingat, Honda nggak tinggal diam. Lihat saja, mereka sudah menguji duluan RC213V 2015 lewat Casy Stoner di Sepang akhir Januari lalu. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang1: SSG M1 Temuan Rossi, Honda Wajib Waspada

MotoGP 2015 Jelang Test Pramusim: Awas, Potensi Ricuh Rossi-Lorenzo Macam 2009!

MotoGP 2015: Gagasan Gendeng Menyandingkan Miller Dengan Marquez

MotoGP 2015: Stoner Ngegas RC213V, Marquez-Pedrosa Tunggu Matangnya

 

 

 

 

BAGIKAN