nhk

MotoGP 2015: Teka-Teki Ducati, GP15 Masih Misterius

ManiakMotor – Hanya Ducati yang belum meluncurkan kuda besi spek 2015-nya. Penampakan generasi terbaru Desmosedici sungguh bikin penasaran. Karena katanya, banyak perubahan pada mesin dan rangka dari karya Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna.

Sayangnya, GP15 belum juga dipastikan kapan mengaspal untuk kali pertama. Tadinya diprogram untuk test Sepang1, 4-6 Februari 2015. Belakangan muncul spekulasi baru siap pada test pramusim Sepang2 pada 23-26 Februari.  Kalaupun nggak siap-siap, setidaknya harus muncul pada tes selanjutnya di Losail, Qatar, bulan berikutnya.

Di Sepang ada kemungkinan Ducati masih ngetes versi GP14,2 yang sebagian bahannyua akan digunakan pada GP15. Ya iyalah, untuk apa ditest-test bila nggak digunakan pada lomba. Kendati kata bosnya GP15 baru. “Begitu banyak pekerjaan yang harus dimaksimalkan sebelum diperkenalkan,” ucap bos pabrikan Italia itu, Paolo Ciabatti.

Andrea Dovizioso selaku rider utama sebenarnya agak kecewa. Ia khawatir akan kelamaan beradaptasi bila sering ditunda testnya. Tapi, ia yakin strategi bikinan Gigi adalah yang terbaik. Buktinya, langkah kontroversial Gigi memindahkan kompetisi Ducati ke Open Class yang membuahkan hasil di musim 2014.

Desmo mulai diperhitungkan lawan, khsusnya di single lap. Tiga kali podium musim ini adalah prestasi terbesar Ducati dalam 4 tahun terakhir. “Saya tak suka mengulang-ulang pekerjaan. Saya kumpulkan semua data yang dibutuhkan dan setelah itu baru membangunnya. Lebih baik terlambat, tapi dengan produk dengan finishing yang tepat,” ucap Gigi soal waktu peluncuran GP15.

Karakter GP15 dikabarkan berubah total dari ciri motor Eropa yang kelewat nyaman. Maksudnya, motor dibikin rajin untuk cepat tengok-tengoknya setiap kali perubahan arah dalam sirkuit, licah geetu loh. Caranya dengan mengecilkan dimensi mesin yang otomatis rangka ikut langsing dan bodi jadi slim, mirip bikinan Jepang.

Luigi sendiri bilang musim 2015 masih jadi tahun pengembangan. Baru 2016 ia target fight berebut posisi teratas melawan Honda dan Yamaha. Meski begitu, sosok GP15 seutuhnya sudah patut diperhitungkan sekaligus bikin penasaran. Akankah muncul perdana di Sepang atau Losail? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Digaji Rp 150 Miliar/Tahun, Marquez Pusing Diudek Pajak

MotoGP 2014: Siap-Siap 2015 Rossi Giat Dirt Track, Dovi Ke SIC Supermoto

MotoGP 2015: Rossi Jadi Contoh Untuk Lorenzo, Ingin Kalahkan Kombinasi Marquez – Honda

MotoGP 2015: Indonesia ‘Gila’, Pol Espargaro Sabar Menunggu Tahta!

BAGIKAN