nhk

MotoGP 2015 (Tes Michelin Sepang 1): Lima Pabrikan Uji Michelin, Pakai Velg 17

ManiakMotor – Tes Sepang1 berlanjut sehari khusus untuk tes Michelin. Tepatnya 7 Februari pada Sabtu kemarin. Pabrikan ban Prancis itu  mulai 2016 menjadi ban resmi MotoGP menggantikan Bridgestone.

Tes dilakoni lima pabrikan macam Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, dan Aprilia. Tapi jokinya bukan rider resmi karena sudah bilang capek deh. Maklum tiga hari berturut melakukang test Sepang1. Yang turun arena adalah para tester macam Colin Edwards dan Katsuyuki Nakasuga (Yamaha), Hiroshi Aoyama (Honda), Randy de Puniet (Suzuki), Michele Pirro (Ducati), dan Michael Laverty (Aprilia).

Tak ada catatan waktu yang dirilis Michelin karena orientasinya memang hanya untuk menyiapkan ban yang cocok untuk 2016. Mereka pakai ban yang lingkarannya sesuai diameter pelek 17 inchi yang tahun depan dipakai. Buat karet bundar hitamnya, Michelin bawa 7 jenis ban depan berbeda dan 5 ban belakang. Kompon dan pattern-nya beragam.

“Setelah dikembangkan para test rider, selanjutnya ban baru akan dicoba para pembalap resmi. Kami ingin pastikan semua kompon ban tersedia untuk semua trek 2015 yang berbeda-beda karakternya,” kata  Piero Taramasso, Manager of Michelin 2Wheel Motorsport Activities, yang jadi pengawas tes di Sepang.

Pada tes Sepang2 masih ada jadwal tes. Setidaknya ada 9 ajang tes tahun ini untuk persiapan 2016, saat Michelin kembali ke kelas primer setelah 7 tahun jadi penonton. Taramasso bilang sekitar Juli 2015 sudah ada cikal bakal spek ban 2016. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang2: SSG Turun Gigi Peluru Pemungkas M1 Rossi, Siap 2 Minggu

MotoGP 2015 Jelang Tes Sepang2: Marquez Ngaku Kebetulan Bikin 1:58, Tunduk Omongan Rossi

MotoGP 2015 Test Sepang1: Yamaha Tech3 Dapatkan SSG Bekas Lagi

MotoGP 2015 (Tes Sepang1): Rivalitas Andrea vs Andrea, Sama-Sama Tunggu GP15

 

 

 

BAGIKAN