nhk

MotoGP 2015 Tes Sepang1: Pakai Helm Batik, Rossi Bergairah, M1-nya Nurut

ManiakMotor – Tampil dengan helm khusus edisi Tes Sepang1 yang coraknya macam batik, Valentino Rossi tampil bak remaja tingting. Ia energik  di atas M1-nya pada hari pertama uji coba pra musim Rabu 14 Februari 2015 di Malaysia. Usia 36 tahun sama sekali tak membuatnya lelah. Malah sukses melahap 57 laps, menang satu dibandingkan Jorge Lorenzo yang muter-muter 56 kali.

The Doctor sekitar enam jam bertengger di puncak tercepat sebelum digusur Marc Marquez jelang bubaran. Tapi, itu tak membuatnya sewot, apalagi mengeluh, sumringah terus bro!. “Hari pertama yang menggairahkan. Memang sih urutan kedua, tapi beda waktunya tipis. Yang jelas, M1 saya sangat nurut. Di beberapa sektor malah sangat maju. Itu yang paling penting,” kata Rossi yang memang nggak memasalahkan soal posisi di saat balap sendiri-sendiri seperti test Sepang ini. Kan yang ia cari motor yang nurut yang memang dilacak yang namanya test. Situ juga tahulah.

Sektor yang ia sebut tentunya pada area pengereman yang selama ini menjadi penyakit M1. Baru lalu area itu juga yang telah diatasi di meja simulasi di Yamaha Racing Jepang. Kali ini simulasinya di aspal sirkuit benaran. Sayang, ia belum  sebut-sebut soal pengembangan seamless shift gearbox (SSG) yang khususnya untuk turun gigi.

Satu hal lagi, ia dan timnya sudah makin paham dengan karaker ban belakang pasokan Bridgetone. Itu yang lebih memudahkan membangun set-up. Soal ban itu, spanjang tahun lalu jadi keluhan Rossi maupun Lorenzo karena nggak dapat grip yang pas. Kata mereka cocoknya hanya buat Honda. “Pokoknya positif di hari pertama test ini,” tambah Rossi yang memilih berhenti duluan sebelum test usai. Ia tak menggunakan sesi lima menit akhir untuk kebut habis mencari waktu.

Hal senada diapungkan Lorenzo yang tampil beda dibandingkan tahun lalu. Kini badannya tak lagi poco-poco. Lorenzo sudah selangsing yang ia inginkan setelah habis-habisan menempa fisiknya dengan berbagai macam olahraga. “Cerita tahun ini sangat berbeda dengan tahun lalu yang penuh masalah. Fisik saya kuat tapi hari pertama tes memang selalu menyulitkan. Anda harus gunakan otot-otot yang berbeda dengan yang digunakan saat berolahraga di gym,” kilahnya setelah berjuang penuh dengan hasil akhir urutan ketiga  di bawah Marquez dan Rossi.

Menarik bagi Lorenzo kemampuan Yamaha yang cukup lama bertahan di puncak. “Trek Sepang bukanlah lintasan terbaik buat karakter M1. Tapi, dengan dua motor di top three, itu jelas sekali petanda bagus,” katanya.

Okelah kalau begitu, ditunggu esok siapa yang makin bagus! Andro

BACA JUGA

Hasil Test Pra Musim MotoGP Sepang1, Malaysia, 4 – 7 Februari 2015

MotoGP 2015 Tes Sepang1: Marquez Uji 3 Unit RC213V Untuk Kalahkan Rossi

MotoGP 2015 Tes Sepang1: Hari Pertama, Rossi Terkejar Marquez Di Akhir Sesi

MotoGP 2015 (Tes Sepang1): Tiga Yamaha Lampaui Dua Rekor Marquez, Si Marquez pun Panas Hati

MotoGP 2015 (Tes Sepang1): Jelang Sore, Ducati Menyodok, Suzuki Mengintai

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353