nhk

MotoGP 2015 Tes Sepang2: Belum Puas GP15, Gigi Bawa GP14,3 ke Qatar, Pembalapnya Ogah?

ManiakMotor – Tiga hari tes Sepang2, tiada hari tanpa pujian buat Ducati yang meluncurkan GP15 untuk kali pertama. Tapi, Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna yang bikin itu motor justru nggak puas. Malah ingin bawa GP14,3 lagi ke testing Qatar. Bingung dia…

Sebelum sesi tes hari ketiga berakhir, Gigi sempat sampaikan berbagai pandangannya pada performa GP15. Lewat wawancara dengan crash.net, desainer GP15 itu merasa motor barunya baru mencapai 80% dari harapan. Sisa 20% masih butuh peras otak, otot dan dompet. “Buat Iannone sudah ditemukan set-up yang tepat. Bagi Dovi masih ada sejumlah masalah dan harus ditemukan solusinya,” kata Gigi.

Andrea Iannone finish ke-4 tes hari ketiga dengan time 1:59.722. Ia kembali memuji habis GP15-nya dan yakin peluangan rekayasa pengembangan di beberapa area. Seniornya, Andrea Dovizioso, akhiri tes posisi ke-10. Problem Dovi bertambah pada distribusi bobot. Itu yang bikin doski masih sulit di zona pengereman untuk mengatur laju saat mengarungi tikungan.

Karena masih ada 20% masalah, Gigi berwacana untuk membawa lagi GP14,3 dalam tes Losail pada 15-16 Maret. Dicari-cari lagi plus-minusnya dan dari situ baru ditentukan motor mana yang dipakai berkompetisi 2015. “Ini proyek benar-benar baru. Saya tak bisa ambil keputusan hanya berdasar hasil tes di satu sirkuit. Perlu lihat performanya di trek berbeda. Jarak tempuh mesin baru ini juga belum teruji,” katanya.

Gigi memang gigih mengkomparasi GP15 dengan GP14,3. Kendati tak ada isu negative pada GP15. “Tapi, keputusan terakhir pada pembalap, bukan saya saat menghadapi race. Mereka harus tentukan apa yang terbaik menurut mereka, tak harus ikuti apa kata saya. Hal seperti ini saya lakukan dari dulu.”

Diberi kesempatan berpendapat seperti itu, belakangan Dovi dan Iannone sama-sama menentang rencana bosnya. Keduanya bersikeras bawa GP15 saja ke tes Qatar karena potensinya besar untuk dikembangkan. Terlebih Iannone yang seolah tak ingin menyentuh GP14,3 lagi karena sudah sangat nyaman dengan GP15.

Sampai berita ini diturunkan belum ada tanggapan Gigi lagi, apakah lanjutkan rencana bawa GP14,3 atau ikuti desakan kedua pembalapnya. Oh iya Bro, Mas Gigi ini sempat ditanya bagaimana ia bisa mengatasi penyakit kambuhan understeer Ducati? “Dipelajari sebabnya dan cari obatnya. Sulit dijelaskan, tapi sebaiknya memang nggak usah dijelaskan,” kata Gigi sambil senyum, padahal sehari-harinya di paddock selalu bertampang serius.

Rahasia dong! Andro

BACA JUGA

Hasil Test Pra Musim MotoGP Sepang2, Malaysia, 23, 24, 25, 26, 27 Februari 2015

MotoGP 2015 Tes Sepang2: Simulasi 19 Laps Semua Oke, Marquez Tak Punya PR Lagi

MotoGP 2015 Tes Sepang2: Lorenzo Bikin Rekor Pribadi, Merasa Full SSG Belum Tokcer

MotoGP 2015 Tes Sepang2: Perebutan Jurdun, Rossi Mulai Unggulkan Marquez

MotoGP 2015 Test Sepang2: Hari Ketiga Ditutup, Marquez Yang Laju

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353