nhk

MotoGP 2015 Tes Sepang2: Pakai SSG Baru, Rossi Bisa Melipat Sudut Tikungan Sulit

ManiakMotor – Akhirnya ada konfirmasi resmi kalau M1 ke Sepang2 berbekal SSG (Seamless Sfift Gearbox) terbaru. Gigi satunya nyambung terus tanpa jeda sampai gigi 6, nggak termasuk taring, graham dan grup band Gigi, hehehe. Juga saat menggigit dan tak diggigit. Maksudanya SSG yang aktif untuk menaikan percepatan dan menurunkannya, bro.

Begitulah pengakuan Valentino Rossi yang kali ini jadi pemimpin tes hari pertama Senin 23 Februari 2015. SSG baru itu memang dimohon Rossi untuk dikembangkan sejak tahun lalu. Doski ingin SSG yang komplet. Tak seperti model sebelumnya yang hanya aktif saat naik gigi, itupun terputus saat umpan persneling 1 ke-2. Insinyur pertukangannya terkendala oleh gigi netral.

Kini barang itu bisa dimainkan sambung menyambung pada semua tingkatan girboks. Kata Rossi sih pengaruhnya sikit pada kecepatan, tapi ngaruh pada keseluruhan masuk tikungan. Wah sama saja dong. Bahkan kini kata Rossi dengan tabil pada  area pengereman dan langsung menikung tanpa terpengaruh perubahan reduksi.

Itu dicoba di area yang selama ini keunggulan RC213V milik lawan di sirkuit Sepang. “Semua orang dalam tim ini sangat antusias dengan girboks baru. Kesan pertama  positif. Efeknya pada speed memang tak ada lonjakan besar. Tapi membantu  pada titik-titik tertentu yang selama ini memang sulit dipatahkan dengan kecepatan tertentu. Model tikuangan seperti itu memang harus ditingkatkan,” komentar The Doctor dan titik yang dimaksud adalah zona pengereman tadi.

Leading sejak pagi, siang sampai sore Rossi catat best time 2:0,414. Itu 1,5 detik lebih lambat dari catatan spektakular Marc Marquez yang 1:58 pada tes Sepang1. Tapi ini kan hari pertama yang mustahil bisa melampui rekor.Kan sudah disebut tadi soal racing line yang belum lengket. Apalagi siangnya, lintasan sampai 60oC. Sorenya hujan bro. “Hari pertama memuaskan. Saya ulang lagi, masuk tikungan motor tambah meluncur. Tapi perlu waktu untuk mendalami girboks baru ini agar bisa memaksimal,” tambah Rossi.

Senada dengan koleganya, Jorge Lorenzo pun sambut datangnya SSG baru. Ia akui senang dengan barang itu dan efeknya  terasa karena kini bisa ngerem lebih dekat. Sayangnya, katanya, set up yang ia gunakan tidak sesuai harapan. “Tapi, ini baru hai pertama. Saya butuh sedikit waktu ag untuk memahami teknologinya. Barang ini tidak akan secara mutlak mendekatkan kami pada Honda, tapi sudah cukup membantu,” katanya.

Wah JL masih ragu. Andro

BACA JUGA

Hasil Test Pra Musim MotoGP Sepang2, Malaysia, 23, 24, 25, 26, 27 Februari 2015

Dimas Ekky Pratama Sudah Diantar Ke CEV Repsol 2015, Nama Ali Belum Terdaftar

MotoGP 2015 Test Sepang2: M1 Rossi Tercepat Hari Pertama

MotoGP 2015 (Tes Sepang2): Ducati Ganti Strategi, Malah Dilibas Suzuki

MotoGP 2015 Test Sepang2: Siang Hari Pertama, Rossi Kembali Ke Depan, Full SSG

BAGIKAN