nhk

MotoGP 2015 Tes Sepang2: Terkendala Rem Depan, Marquez Sulit Kencang

ManiakMotor – Tak ada keterangan resmi apakah tunggangan Marc Marquez hari ini adalah RC213V spek 2015 atau gado-gado 2014 dan 2015. Hanya rumor yang sebelumnya bilang MM kudu pakai versi 2015 setelah dioprek lagi berdasarkan masukannya di Sepang1.

Ternyata oh ternya, Marquez belum seganas penampilan di tes sebelumnya. Dibilang belum, karena Senin 23 Februari ini baru hari pertama. Sebab, jangankan mengambil alih posisi tercepat dari Valentino Rossi, sekadar main tiga besar sepertinya ngos-ngosan. Waktu tercepatnya 2:01,190. Kalah 0,776 detik dari Rossi. Tumben kan…

MM sendiri dalam penjelasannya tak singgung apakah ia murni pakai spek 2015 atau tidak. Katanya, RC213V-nya saat ini sama dengan yang sebelumnya digunakan pada Sepang1. Padahal di Sepang1 itu ia genjot versi 2015 dan satu unit lagi yang merupakan gabungan spek 2014 dan 2015.

Yang juga jelas, catatan waktu itu membuatnya nyangkut di posisi 6 tercepat, posisi terburuknya sepanjang tes Sepang sejak dua tahun silam. MM bilang kendalanya bukan mesin, bukan pula mesin motor lawan yang punya mainan SSG baru tambah laju.

Ia malah ndak singgung sama sekali kalau kalahnya kali ini berkat girboks baru Yamaha tersebut. “Saya hanya terkendala masalah pada cakram rem depan. Dari sesi pagi terus menganggu dan kami banyak membuang waktu untuk memperbaikinya,” ujar MM.

Ironisnya, tim mekaniknya malah belum menemukan sebab-musabab tak maksimalnya fungsi disc brake itu. Penanganan masalah itu masih akan berlanjut pada hari kedua Selasa (24/2). Masalah MM hanya terjadi di area tertentu bikin motor sering ke luar racing line. Beberapa kali malah menuju luar lintasan. “Itu berbahaya dan kami akan lakukan apa pun untuk memperbaikinya. Sudah konsultasi dengan pihak Brembo, tapi masalah yang terjadi adalah satu hal baru sehingga perlu analisa mendalam.”

Besok rencananya MM akan coba beberapa spare part baru untuk meningkatkan grip roda belakang di tikungan cepat. Itu keluhan utama di Sepang1. Berbarengan dengan itu tentu saja tetap cari solusi untuk  rem depan.

Kondisi berbeda dilakoni Dani Pedrosa yang finish kedua di belakang Rossi dengan selisih waktu 0,128 detik. Ia tak membawa onderdil baru dan hanya mencari set up yang berbeda dari tes terdahulu. “Besok masih fokus pada program sama, menemukan setingan yang paling nyaman untuk digeber,” ucap Pedrosa. Andro

BACA JUGA

Hasil Test Pra Musim MotoGP Sepang2, Malaysia, 23, 24, 25, 26, 27 Februari 2015

MotoGP 2015 Tes Sepang2: Pakai SSG Baru, Rossi Bisa Melipat Sudut Tikungan Sulit

Dimas Ekky Pratama Sudah Diantar Ke CEV Repsol 2015, Nama Ali Belum Terdaftar

MotoGP 2015 Test Sepang2: M1 Rossi Tercepat Hari Pertama

MotoGP 2015 (Tes Sepang2): Ducati Ganti Strategi, Malah Dilibas Suzuki

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353