nhk

MotoGP 2015 Test Misano: Suzuki Juga Dapat 1;32, Masih Kalah Dari Ducati

ManiakMotor – Apa pun sepak terjang Suzuki harus mengejar Ducati. Para meternya Aleix Espargaro dan Maverick Viñales pada pabrikan Italia itu, keduanya dapat fasilitas sama pada regulasi Open Class 2015. Di lomba sebenarnya pun, Suzuki masih sering kedodoran dari Ducati, bukan saja oleh Ducati pabrikan, juga satelit. Ya harap maklum, karena Suzuki pendatang baru, setelah tiga tahun menghilag akibat kesulitan dana.

Di test Misano yang berlangsung 16 – 17 Juli memang Suzuki berhasil berlari 1 menit 32 detik. Angka menit dan detiknya sama dengan test Honda dan Ducati yang berlangsung di tempat sama. Namun beda angka koma di belakang 32 detik. Ducati sudah berlari 32,5 detik dan Honda telah 32 bersih lewat Marc Marquez. Suzuki sendiri kedua pembalapnya masih 32.7 dan 32.8.

Namun, juragan proyek Suzuki Ecstar si Satoru Terada tetap bersyukur. Katanya di tes ini mereka leluasa menyetel motor yang tak mungkin dilakukan saat lomba. “Terutama dalam set-up sasis yang selama ini bikin grip akselerasi bermasalah. Kami juga melakukan perbaikan elektronik dan tenaga. Selanjutnya ada ide-ide banyak perlu dikembangkan di paruh musim ke depan,” kata Satoru.

Dalam test tersebut Suzuki GSX-RR berlari di trek yang panas. Sirkuit Misano di San Marino masih Eropa, tapi panas treknya 56°C. Cuaca panas awalnya sulit tapi senang hasil akhirnya. Setelah Sachsenring ada yang harus diuji terutama tikungan lambat, hasilnya oke. Ada peningkatan elektronik, meski tak bikin simulasi balapan pajang, positif pada konsistensi seperti lomba pakai ban keras. Mesin pun bereaksi dengan baik. Tim baru seperti Suzuki, penting menemukan cara berbeda menghadapi lomba ke depan,” cerita Espargaro yang hari pertama melakukan 69 lap dengan catatan  terbaik: 1’33.2 dan hari kedua cuma 52 lap dan terbaik: 1’32.8

Viñales juga demikian, “Di tes ini saya bisa pahami lebih baik. Banyak lap dilakukan semacam balapan benaran dengan tangki penuh. Lalu merasaka perubahan  setiap set-up, termasuk traksi saat keluar tikungan dan keseimbangan saat masuk tikungan lambat. Itu semua teratasi dan positif pada perbaikan sasis. Kami sekarang banyak pilihan set-up,” jelas  Viñales yang hari pertama bikin 82 lap dengan catatan terbaik 1’33.2 dan hari kedua dengan 84 lap terbaik: 1’32.7.

Eh ngomong-ngomong belum di atas Ducati kan? “Ah yang penting kedua pembalap kami  dapat berlibur dengan suasana hati yang plong. Mereka sudah bekerja keras dalam test yang panas ini. Juga keduanya telah menemukan feeling baru dengan mesin. Di masa istirahat akan ada evaluasi dan analisa di mana Suzuki berada setelah paruh musim. Semoga ada langkah besar ke depan,” tangkis Davide Brivio, Team Manager Suzuki MotoGP Ecstar.

Semangat. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

MotoGP 2015 (Jelang Indianapolis): Ikut Tes Misano, Ducati Gaspol 250 Lap

MotoGP 2015 Test Misano: Baru Uji Coba, Honda RC213V 2016 Lampaui Rekor Misano

MotoGP 2015 (Jelang Indy): Laverty Belum Pasti, Aprilia Tarik Anak Moto2

MotoGP 2015 Tes Misano: Di Dekat Rumah Rossi, Marquez dan Pedrosa Siapkan RC213V Spek 2016 

BAGIKAN