nhk

MotoGP 2015 Test Valencia: Kata Rossi Perubahan Besar M1 2016 Dengan Ban Baru Dan Elektronik

 

ManiakMotor –  Diameter ban aturan pada motor MotoGP tahun depan 17 inci. Itu lebih besar 0,5 inci dari diameter Bridgestone yang digunakan sebelumnya. Besaran 0,5 inci itu sama dengan 12.7 mm atau 1 cm lebih. Motor jadi lebih tinggi, epeknya pada distribusi bobot atau  center of gravity, walau aslinya titik berat nggak persis di tengah atau tergantung ketemu pasnya.  Termasuk di dalamnya soal perubahan elektronik yang mengubah ritme tenaga mesin.

Itu menurut Valentino Rossi  pada M1 2016 setelah testing pada 10 November di sirkuit Valencia. Dia nggak merinci seperti tulisan di atas, tapi begitulah arahnya. Tentu itu saat test pra musim depan atau 2016. Katanya terjadi pergesaran besar pada motor dari dua aturan yang berlaku. Yakni wajib pakai ban Michelin yang menggantikan Bridgestone dan ECU atau elektronik baru.   

“Perubahan besar, namum sangat menarik, terutama ban akan membuat perbedaan yang banyak. Perubahan terjadi pada set-up motor, distribusi berat dan segala sesuatunya deh,” jelas Rossi yang hari pertama test masih berada di urutan 12 dengan time 1:32.401 dari 57 lap yang ia lakukan. Sedang yang tercepat saat test itu adalah Marc Marquez (Honda) dengan 1:31.551.

Disebut Rossi sangat menarik, karena dari sinilah kontribusi pembalap diuji untuk memberi masukan pada pengembangan. Joki yang sanggup menganalisa dalam memecahkan masalah, punya peluang lebih cepat adaptasinya pada ban dan ECU.  Rossi lebih menekankan pada kompon Michelin yang katanya seperti mengingatkan tempo hari dia didukung ban Prancis itu sebelum ban tunggal Bridgestone. 

Ditekankan juga perbedaan seperti awal tulisan tadi yang ngaruh pada handling secara keseluruhan. Rossi memang hanya sebut distribusi berat (weight distribution) M1 bukan center of gravity. Tapi itu tipis-tipislah artinya untuk mengubah cara-cara membawa motor. Sekalian  cara-cara bertempur yang dalam latihan tidak ditemukan karena balap sendiri-sendiri. Di situlah makna perubahan besar.  

Rossi tetap lirik-lirik musuh lain merek yang katanya lebih kencang karena sudah pernah coba ban Michelin sebelumnya di Aragon. “Tapi ini baru hari pertama test. Masih ada waktu untuk lajutan testingnya, terutama grip depan. Soal ban belakang sudah oke. Yang lebih utama lagi seberapa besar pengaruh ban ini untuk ke depan. Itu butuh waktu,” pungkas Rossi.

Kalau dilihat catatan yang tercepat bermain 1:31,5 sekian-sekian, masih beda 1 detik lebih dari catatan tercepat Bridgesrtone di tempat sama. Tapi kan ini baru awal-awal penggunaan Michelin yang mekanik masih cari-cari settingan dan joki lacak cara bawanya seperti kata Rossi. Ito

BACA JUGA

Hasil Test Pramusim MotoGP 2016 Valencia, Spanyol, 10 – 11 November 2015

MotoGP 2015 Valencia (Pasca Race): Pakai Michelin dan ECU Seragam, Babak Baru Pengembangan M1 Rossi – Lorenzo

MotoGP 2015 Valencia (Pasca Race): Lorenzo Tetap Dengan Yamaha, Jawabannya M1 Pengembangan Rossi

MotoGP 2015 Valencia (Test): Marquez Kembali Agresif, Jatuh Dengan RC213V 2016 Tapi Tercepat

MotoGP 2015 Valencia (Pasca Race): Lorenzo Kembali Sepelekan Rossi, Sudah Tamat..!

MotoGP 2015 Valencia (Pasca Race): Marquez Bantah Jadi Bodyguard, ‘Salahkan’ Pedrosa Gagal Kalahkan Lorenzo

BAGIKAN