nhk

MotoGP 2015: Thailand Tuan Rumah, Indonesia Masih Omdo

ManiakMotor – Satu jatah tambahan untuk penyelenggaraan MotoGP 2015 jatuh ke Thailand. Padahal, yang diinginkan promotor Dorna sebenarnya Indonesia tercinta yang gemah ripah loh jinawi ini lho!

Penguasa Dorna Carmelo Ezpeleta menegaskan itu di sela-sela GP Mugello silam saat menerima rombongan Thailand selaku perwakilan sirkuit baru Buriram International Circuit (BIC).  Trek ini dibangun di luar kota Bangkok. Desain dan pembangunannya ditangani Hermann Tilke yang telah membangun berbagai sirkuit modern di bumi ini. “Kami telah bicarakan segala sesuatunya di Mugello. Mereka jamin sirkuit akan selesai secepatnya dan siap menggelar satu lomba pada 2015,” ujar Ezpeleta.

Ia akui Asia Tenggara adalah pasar yang gemuk buat MotoGP maupun para sposor di dalamnya, khsusnya Indonesia sebagai target utama. Sayangnya, Sirkuit Sentul dengan kondisinya saat ini tak lagi memadai untuk menggelar MotoGP. Persyaratan teknisnya sudah berbeda dengan saat Sentul menggelar GP (125/250/500) pada 1996 dan 1997 silam.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

“Sudah berulangkali pembicaraan seputar peyelenggaraan GP di Indonesia dengan sirkuit berbeda di beberapa lokasi, tapi sejauh ini tak satu pun yang pasti,” tegas Ezpeleta yang sejak 1994 sudah ‘jatuh cinta’ pada Indonesia.

Karena Indonesia terkesan omdo alias omong doang karena tak jelas kelanjutannya, maka pilihan realistis adalah Thailand. Mereka lebih serius, lebih antusias, dan kerja nyatanya terlihat dengan pembangunan BIC. Beda dengan bos kita di sini Bro, yang masih saja berupa wacana sirkuit baru di Balilah, Lomboklah, renovasi Sentullah, dan mungkin banyak lah-lah berikutnya.

Asal tahu saja Brosist, bukan hanya Ezpeleta yang kepincut bikin MotoGP di Indonesia. Para sponsor dan tim pabrikan pun sama pincutnya. Bos Yamaha Factory Team Lin Jarvis, misalnya, sudah lama inginkan perubahan peta penyelenggaraan MotoGP yang masih saja dikuasai negeri-negeri Eropa. Ia bersikukuh perlunya memperbanyak event di Asia Tenggara, khususnya Indonesia sebagai pemimpin pasar.

Yah, apa boleh buat dah! Para pemimpin Indonesia mungkin berpikirnya baru nyampe 2014, pemilu, cing! Setingannya gak nyampe 2015 hehehe! Terus, masih sibuk balap tarkam. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Ganas di Lintasan, Bautista Bicara Safety di Sekolahan

MotoGP 2013: Tunggu Tanggal Mainnya, Duel Rossi – Marquez di Luar MotoGP!

MotoGP 2013 Aragon (Tes): Marquez Puji Spek 2014, Tetap Pakai RC213V

MotoGP 2013; Gawat..! Rossi Dan Lorenzo Sudah Pakai 4 Biji Mesin, Jatahnya 5/Tahun

 

BAGIKAN